16 January 2022, 05:03 WIB

Kalahkan Sudan, Nigeria Lolos ke 16 Besar Piala Afrika


Basuki Eka Purnama |

NIGERIA menjadi tim ketiga yang mengamankan tempat di babak 16 besar Piala Afrika 2021 seusai mengalahkan Sudan 3-1 dalam laga lanjutan penyisihan Grup D di Stadion Roumde Adjia, Garoua, Kamerun, Minggu (16/1) dini hari WIB.

Hasil itu menjadi kemenangan kedua bagi Nigeria, yang mantap memuncaki klasemen sementara Grup D dengan raihan enam poin penuh untuk menyusul tuan rumah Kamerun dan Maroko yang sudah lebih dulu lolos ke babak 16 besar.

Samuel Chukwueze, Taiwo Awoniyi, dan Moses Simon bergantian menjebol gawang Sudan, yang membutuhkan konversi tendangan penalti Walieldin Khedr untuk mencetak gol balasan.

Baca juga: Kiper Ali Abu Eshrein Jadi Pahlawan Timnas Sudan di Menit Akhir

Tampil menekan sejak sepak mula, Nigeria hanya membutuhkan waktu tiga menit untuk membuka keunggulan atas Sudan ketika umpan Simon diselesaikan sempurna Chukwueze menggunakan kaki kirinya.

Sudan berusaha membalas tetapi percobaan Gumaa Abas Omer, Abdelrazig Omer, dan Mohamed Al Rashed masih belum membuahkan hasil.

Sukses meredam gelombang kebangkitan Sudan, Nigeria menggandakan keunggulan mereka tepat di pengujung waktu normal babak pertama melalui sundulan Awoniyi yang memanfaatkan situasi bola mati.

Keunggulan itu kian lebar saat Nigeria langsung mencetak gol lagi dalam menit pertama babak kedua melalui sontekan sudut sempit Simon yang cukup untuk memperdaya kiper Ali Achrine.

Upaya Sudan untuk membalas akhirnya membuahkan hasil ketika mereka memenangi hadiah tendangan penalti lantaran pelanggaran Ola Aina terhadap Mustafa Karshoum dan Khedr yang jadi algojo sukses mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan jadi 1-3 pada menit ke-70.

Skor 3-1 mampu dipertahankan oleh Nigeria yang kini tidak lagi dibebani kewajiban menang ketika melakoni pertandingan pemungkas Grup D melawan Guinea-Bissau, Rabu (19/1).

Sedangkan Sudan wajib menang saat bertemu Mesir apabila ingin memiliki kesempatan untuk lolos ke babak 16 besar. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT