16 January 2022, 04:58 WIB

Gol Debut Coutinho Bawa Aston Villa Imbangi Manchester United


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PHILIPPE Coutinho menghiasi debutnya untuk Aston Villa dengan torehan sebuah gol yang membantu timnya itu mengimbangi Manchester United dengan skor 2-2 dalam laga pekan ke-22 Liga Primer Inggris di Stadion Villa Park, Birmingham, Minggu (16/1) dini hari WIB.

Coutinho, yang pekan ini tiba dengan status pinjaman dari Barcelona untuk menjalani reuni bersama Steven Gerrard, melakoni debutnya saat turun dari bangku cadangan pada menit ke-68 menggantikan Morgan Sanson.

Ketika Coutinho memasuki lapangan, Villa tengah tertinggal 0-2 setelah Bruno Fernandes mencetak gol keduanya di pertandingan itu.

Baca juga: Liga Primer Inggris Putuskan Derbi London Utara Ditunda

Gol pertama Fernandes lahir dari blunder kiper Emiliano Martinez pada menit keenam saat ia gagal mengantisipasi bola tendangan gelandang Portugal itu dan bola tergelincir dari pelukannya di garis gawang.

Gol kedua MU yang lahir pada menit ke-67 juga berakar dari kesalahan pemain Villa ketika umpan Sanson dipotong Fred dan Fernandes melakukan satu sentuhan sebelum memperdaya Martinez kembali.

Sejak memasuki lapangan, Coutinho langsung memberikan peran lebih kepada Villa yang berkali-kali peluangnya dimentahkan oleh barisan pertahanan MU atau kiper David de Gea.

Villa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-77, ketika umpan Coutinho membentur pemain MU dan jatuh di hadapan Jacob Ramsey yang tenang melesakkan bola ke gawang tim tamu untuk mengubah kedudukan jadi 1-2.

Empat menit kemudian, Coutinho cermat memburu ruang di muka gawang MU untuk menyelesaikan umpan akurat kiriman Ramsey yang membuat Villa menyamakan skor 2-2.

Coutinho sebetulnya berpeluang menyempurnakan debutnya, tiga menit jelang bubaran, ketika menerima umpan dari Emiliano Buendia, namun, kali ini, penyelesaiannya relatif lemah dan mengarah tepat ke pelukan De Gea.

Di sisi lain, Donny van de Beek juga berpeluang memainkan peranan supersub untuk MU pada injury time bila saja tembakannya tidak dihadang Kortney Hause sehingga hanya menghasilkan sepak pojok dan skor 2-2 tidak berubah hingga bubaran.

Meskipun Coutinho menandai debutnya dengan sebuah gol, Villa belum mampu keluar dari tren buruk nirmenang yang kini sudah berlangsung tiga laga beruntun.

Villa tidak beranjak dari urutan ke-13 klasemen dengan koleksi 23 poin, sedangkan MU juga tetap di posisi ketujuh dengan 32 poin.

MU selanjutnya dijadwalkan melakoni laga tunda pekan ke-17 di markas Brentford, Rabu (19/1), sedangkan Villa baru bertanding lagi pada Sabtu (22/1) saat menyambangi Goodison Park menghadapi Everton. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT