14 January 2022, 09:30 WIB

Klopp Akui Absennya Salah dan Mane Bikin Liverpool Tumpul


Akmal Fauzi |

MANAJER Liverpool, Juergen Klopp mengakui absennya dua penyerang andalan mereka, Sadio Mane dan Mohamed Salah memengaruhi ketajaman tim. The Reds gagal meraih poin penuh melawan Arsenal yang bermain dengan 10 orang pemain di semifinal Piala Liga, Jum'at (14/1) dini hari WIB.

Bermain di Anfield, Liverpool diuntungkan karena Arsenal harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-24 setelah Granit Xhaka diusir wasit. Namun dalam prosesnya, barisan depan Liverpool ompong. Mereka dominan dalam penguasaan bola tetapi gagal menciptakan peluang berarti.

Klopp mengakui absennya kedua pemain yang saat ini membela tim nasional di Piala Afrika. cukup berpengaruh. "Katakan kepada saya kalau ada tim yang tidak kehilangan Mane, Salah dan Naby Keita. Tentu saja kami merindukan mereka," ujar Klopp.

Klopp mengatakan, Salah dan Mane adalah pemain penting bagi Liverpool. Ia mengakui sulit menemukan strategi yang tepat jika harus bermain tanpa keduanya.

"Apakah kami bisa bersiap lebih baik? Saya kira tidak karena semua hal yang kami lakukan di masa lalu terjadi karena kami punya tim yang kami miliki," ujar Klopp.

Arsenal sebenarnya tampil lebih baik dengan pemain yang lebih sedikit. Tendangan Bukayo Saka di sisi kanan membuat tuan rumah waspada terhadap ancamannya.

Liverpool memiliki 78% penguasaan bola tetapi hanya berhasil memaksa Aaron Ramsdale melakukan satu penyelamatan pada injury time dari 17 tembakan yang dilakukan.

Sementara Arsenal hanya melepaskan tiga tembakan ke gawang Liverpool. Namun satu dari tiga tembakan itu menemui sasaran.

Namun, Klopp menjaga optimisme pasukannya bisa melangkah ke partai final dengan mengalahkan Arsenal pada pertemuan kedua, tengah pekan depan.

"Ini pertandingan dua leg dan ini (seperti) babak pertama. Saya tidak pernah berada dalam kedudukan 0-0 pada babak pertama dan berpikir 'kami tidak punya peluang'," kata Klopp.

Manajer Arsenal mengapresiasi anak asuhnya yang bermain lebih efektif daripada Liverpool meskipun kekurangan jumlah pemain.

"Saya bangga dengan performa para pemain hari ini di stadion yang sangat sulit melawan lawan yang hebat. Mereka bermain 70 menit dengan 10 orang," kata Arteta dilansir laman resmi klub.

Bagi Arteta, keberhasilan menahan imbang Liverpool dengan 10 orang menunjukkan spirit dan komitmen para pemain Arsenal. Para pemain dinilai mampu menerjemahkan keinginannya di laga tersebut.

"Saya ingin melihat tim yang bermain dengan semangat dan mengerti apa yang kami bicarakan setiap hari. Saya melihat itu hari ini jadi saya sangat senang," kata Arteta. (Liverpoolecho/Skysports/OL-13)

Baca Juga: Sepuluh Pemain Arsenal Mampu Tahan Imbang Liverpool

BERITA TERKAIT