13 January 2022, 11:52 WIB

Carlo Ancelotti Puji Penampilan Barcelona di Bawah Asuhan Xavi


Akmal Fauzi | Sepak Bola

REAL Madrid lolos ke final Piala Super Spanyol dengan mengalahkan Barcelona 3-2, Kamis (13/1) dini hari WIB. Secara umum, laga berjalan imbang, namun Madrid bisa memaksimalkan peluang mereka dan menang 3-2.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti mengakui, Barcelona tampil bagus di laga semifinal ini. Ia melontarkan pujian atas perkembangan Barcelona di bawah asuhan Xavi Hernandez. 

Bagi Ancelotti, tim asuhan Xavi Hernandez bermain sangat bagus sepanjang babak. Hal itu terbukti usai mereka dua kali menyamakan skor lewat Luuk de Jong (41') dan Ansu Fati (83'), sebelum Federico Valverde mencetak gol ultimatum menit ke-98.

"Saya harus jujur, Barcelona telah memainkan permainan yang bagus," kata Ancelotti.

"Mereka adalah tim yang saya suka karena mereka punya gagasan cukup jelas soal bagaimana mereka ingin bermain, sejalan dengan identitas klub. Mereka melaju dengan bagus sejak Xavi datang. Saya kira dengan kontribusinya, gagasannya, sikapnya, tim akan membaik," ujar Ancelotti.

Barcelona tengah melewati masa transisi menyusul kepergian Lionel Messi. Mereka juga belum lama memulai perjalanan bersama Xavi Hernandez yang menggantikan Ronald Koeman.

Ancelotti juga memuji skuad Barcelona yang saat ini banyak diisi para pemain muda seperti Gavi, Nico Gonzalez, hingga Pedri yang mencuri perhatian.

"Ini adalah tim di mana, selain para pemain veteran seperti (Gerard) Pique, (Sergio) Busquets, dan Jordi Alba yang selalu memberi kontribusi penting, para pemain muda sekarang menonjol. Saya kira semua pemain itu punya masa depan luar biasa," ujar Ancelotti.

Ancelotti menilai keberhasilan timnya melaku ke babak final Piala Super Spanyol diraih dengan tidak mudah. Menurutnya, serangan balik menjadi kunci sukses Madrid memenangkan laga. Tiga gol Real Madrid masing-masing dicetak oleh Vinicius, Karim Benzema dan Federico Valverde.

"Kami turun untuk menikmati serangan balik. Tiga gol kami spektakuler. Sebuah permainan yang seimbang. Itu adalah pertunjukan yang bagus. Kami memberikan kesan yang baik tentang sepakbola Spanyol. Barcelona bermain bagus juga," ujarnya. (Mal/Espn/OL-09)

BERITA TERKAIT