13 January 2022, 11:42 WIB

Tuchel Sukses Bawa Chelsea Melangkah ke Final Carabao Cup


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANAJER Chelsea Thomas Tuchel senang timnya berhasil ke final Piala Liga Inggris (Carabao Cup) usai mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 di semifinal leg kedua Kamis (13/1) dini hari WIB. Namun Tuchel menilai performa timnya di leg pertama lebih bagus.

Gol tunggal yang dicetak Antonio Ruediger pada menit ke-18 membuat Chelsea lolos ke final dengan keunggulan agregat 3-0. Di leg pertama pada pekan lalu di Stamford Bridge, Chelsea menang 2-0 lewat gol Kai Havertz dan gol bunuh diri Ben Davies.

"Kami senang dengan hasilnya. Di babak pertama, kami adalah tim yang lebih bagus dan kami pantas unggul. Tapi, kami kehilangan konsentrasi dan kehilangan fokus di 15 menit terakhir babak pertama dan lagi di babak kedua. Kami nyaris dihukum karena kurang fokus," kata Tuchel.

Sukses Chelsea ke final membuat Tuchel memiliki rapor fantastis. Dalam waktu 350 hari bergabung bersama tim, Tuchel mengantar The Blues ke final Piala FA, Liga Champions, dan kini Piala Liga.

Pelatih asal Jerman itu adalah manajer pertama Chelsea yang berhasil menorehkan prestasi tersebut.

Thomas Tuchel membawa Chelsea menjadi juara Liga Champions 2020/2021, lalu Piala Super Eropa 2021. The Blues juga berstatus runnerup Piala FA 2020/2021.

Manajer Tottenham, Antonio Conte harus mengakui ketangguhan Tuchel bersama Chelsea dan dinilai layak ke final. Conte belum bisa mengalahkan Chelsea, bekas klubnya, sejak kembali melatih di Inggris.

Dua kali pertemuan di ajang Piala Liga Inggris berakhir kekalahan untuk Tottenham.

"Saya pikir di akhir dua pertandingan, Chelsea pantas mencapai final. Kami harus jujur tentang ini," kata Conte.

"Tetapi di babak kedua, kami menciptakan peluang untuk mencetak gol dan di leg kedua kami pantas mendapatkan hasil yang jauh lebih baik daripada kalah 1-0. Saat ini kami berbicara tentang dua tim yang berbeda, di level yang berbeda pada setiap aspeknya," ujarnya. (Mal/Goal/Skysports/OL-09)

BERITA TERKAIT