12 January 2022, 11:27 WIB

Kiper Ali Abu Eshrein Jadi Pahlawan Timnas Sudan di Menit Akhir


Ilham Ananditya | Sepak Bola

KIPER Ali Abu Eshrein jadi penyelamat jala gawang Sudan di menit akhir ketika berhasil menggagalkan tendangan penalti Pele. 

Sudan harus puas dengan skor akhir 0-0 atas Guinea Bissau untuk pertandingan pembuka kedua Grup D Piala Afrika, pada Rabu (12/1) dini hari.

Mulanya Guinea Bissau sudah terlihat memberikan kontribusi yang jitu selama menit-menit pembukaan. Joseph Mendes hampir saja mencetak gol pembuka, sebelum sundulannya membentur tiang gawang lawan.

Sementara butuh waktu lama bagi Sudan untuk menciptakan peluang pasti, lewat tendangan bebas Abdel Rahman namun masih gagal terciptanya skor.

Peluang besar sempat tercipta bagi Guinea Bissau ketika Sudan mulai membalikkan penguasaan bola. Pemain pengganti Steve Ambri dilanggar oleh kiper Sudan Ali Abu-Eshrein di area kotak penalti. Untuk selanjutnya kesempatan tendangan dari titik putih diberikan kepada Pele.

"Pelanggaran terhadap Steve Ambri membuahkan tendangan penalti bagi Guinea Bissau, pada menit ke-81 Pele mencoba mengonversi tendangan penalti," melansir dari laman resmi Piala Afrika.

"Ali Abu Eshrein berhasil menahan tendangan tersebut dan gagal berbuah skor bagi Guinea Bissau. 'Jediane Falcons' langsung merapatkan barisan pertahanan dan memaksa Guinea Bissau bermain imbang tanpa gol," jelasnya.

Peluang ini menjadi permainan antiklimaks bagi kedua tim. Karena hingga sisa pertandingan, Sudan maupun Guinea Bissau belum mampu memecah kebuntuan.

Hal ini membuat keduanya harus puas berbagi angka dan berbagi tempat di klasemen sementara Grup D, Sudan di posisi kedua sementara Guinea Bissau di tempat ketiga.

Kedua belah pihak sekarang akan menghadapi perjuangan berat di kualifikasi.

Pada Sabtu (15/1) mendatang, Sudan akan menghadapi tim raksasa Nigeria sedangkan Guinea Bissau akan melawan Mohamed Salah dan kolega tim Mesir. (And/AFCON/Skysports/OL-09)

BERITA TERKAIT