12 January 2022, 09:15 WIB

Xavi Sebut Kemenangan Atas Real Madrid akan Jadi Titik Balik Barcelona


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PELATIH Barcelona Xavi Hernandez, Selasa (11/1), mengatakan laga El Clasico di semifinal Piala Super Spanyol akan menjadi titik poin bagi Barcelona untuk kembali ke jajaran klub elite Eropa.

Barcelona, saat ini, tertinggal 17 poin dari Real Madrid di klasemen La Liga dan tersingkir di babak penyisahan grup Liga Champions. El Barca juga dilit utang satu miliar euro yang menyebabkan merosotnya performa klub Catalan itu.

Madrid lebih difavoritkan namun Barcelona menunjukkan kemajuan di bawha kendali Xavi dan kemenangan dalam laga pada Kamis (13/1) dini hari akan menjadi suntikan semangat bagi Blaugrana.

Baca juga: Potong Gaji Umtiti, Barcelona Bisa Daftarkan Torres

"Itu bisa menjadi titik balik," ujar Xavi dalam konferensi pers di Riyadh, Arab Saudi, tempat laga itu akan digelar.

"Memenangi El Clasico akan mengantarkan kami melaju ke final dan memberi kredibilitas bagi Barcelona. Kami sedikit melupakan La Liga dan fokus pada kompetisi ini. Ini trofi yang penting," lanjutnya.

Real Madrid mengalahkan Barcelona 2-1 di Camp Nou, Oktober lalu, dan mereka sedang dalam kondisi bagi bagus dengan hanya kalah sekali dari 18 laga.

Ketika ditanya apakah saat ini adalah saat yang buruk untuk berhadapan dengan Real Madrid, yang merupakan pemuncak klasemen La Liga, Xavi dengan tegas menjawab, "Tidak, laga ini tepat pada waktunya. Kami memang butuh waktu namun itu tidak boleh menjadi alasan. Besok adalah contoh bahwa Barcelona siap menghadapi apa pun."

Barcelona tidak terkalahkan dalam enam pertandingan dan mulai naik di klasemen, hanya terpaut satu poin dari peringkat empat besar.

Barcelona, kini, juga dihuni pemain-pemain muda yang menarik perhatian Gavi, Nico Gonzalez, Ferran Jutgla, dan Alex Balde. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT