12 January 2022, 06:00 WIB

Penjaga Gawang Andalan Pantai Gading Diskors karena Doping


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PANTAI Gading dihanyam masalah menjelang laga pertama mereka di Piala Afrika setelah penjaga gawang andalan mereka Sylvain Gbohouo dilarnag bermain karena doping.

Federasi Sepak Bola Pantai Gading mengungkapkan mengenai skorsing dari FIFA itu pada Selasa (11/1), 24 jam sebelum The Elephants berhadapan dengan Guinea Ekuatorial di Douala.

"FIFA mengonfirmasi bahwa Komite Disiplin telah menskors Sylvain Gbohouo karena doping," ujar juru bicara FIFA kepada AFP.

Baca juga: Iheanacho Antar Nigeria Kalahkan Mesir

Penjaga gawnag berusia 33 tahun itu menjadi starter di seluruh laga Pantai Gading di laga kualifikasi Piala Dunia, termasuk kala mereka kalah 1-0 dari Kamerun, November lalu.

Gbohouo adalah penjaga gawang andalan Pantai Gading di Piala Afrika 2019 dan tampil di setiap pertandingan, kecuali laga final, kala Pantai Gading menjadi juara Piala Afrika pada 2015.

"Dia dinyatakan positif doping selepas laga di sini, dua bulan lalu, dan kami langsung mengajukan banding," ujar pelatih timnas Pantai Gading Patrice Beaumelle.

Beaumelle mengungkapkan dirinya meminta Gbohouo menemui dokter mata karena dia kesulitan mengatasi bola-bola panjang dan penjaga gawnag itu mendapatkan resep.

"Dia kemudian dinyatakan positif pada November meski kami tidak tahu obat apa yang dikonsumsinya," ujar Beaumelle.

"Kami semua mendukungnya. Masalah ini membuat dia tidak tidur dan tidak makan sehingga berat badannya berkurang."

"Kami juga telah mengajukan banding atas sanksi terbaru ini," pungkasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT