11 January 2022, 08:53 WIB

Pemilik Saham Crystal Palace Beli Klub Brasil


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

MILIARDER teknologi Amerika Serikat John Textor, salah satu pemilik saham klub Liga Primer Inggris Crystal Palace, telah mencapai kata sepakat untuk membeli klub Brasil Botafogo. Hal itu diungkapkan Presiden klub asal Rio de Janeiro itu Durcesio Mello.

"Kami akan menandatangani kontrak dengan Eagle Holdings, perusahaan investasi milik Textor, yang akan membuat Botafogo memiliki masa depan cerah," ujar Mello dalam video yang diunggah di Twitter.

Textor merupakan pemilik 18% saham Crystal Palace dan tengah berusaha membeli 25% saham klub Portugal Benfica.

Baca juga: Redam Crystal Palace, West Ham Kantongi Tiga Poin

Pria berusia 56 tahun itu meraup kekayaan dari dunia teknologi, media, dan hiburan, terutama layanan streaming FuboTV.

Laman daring Brasil Globo Esporte menyebut Textor telah membeli 90% saham Botafogo, klub bersejarah Brasil yang membesarkan nama Garrincha, Jairzinho, dan Gerson. Klub itu baru saja meraih promosi ke divisi utama Brasil pada tahun lalu.

Botafogo, yang menjadi juara Liga Brasil pada 1968 dan 1995, mengalami masalah keuangan dalam beberapa tahun terakhir dan dua kali terdegradasi ke Serie B, keduanya langsung kembali promosi pada tahun berikutnya.

"Klub akan menjamin gaji pemain, biaya operasional, dan investasi, tiga faktor utama meraih sukses di lapangan," tegas Textor.

Dia menambahkan akan mengivestasikan dana dalam mencari bakat-bakat baru. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT