28 December 2021, 04:36 WIB

Gara-Gara Ulah Pendukung, Paris FC dan Lyon Didepak dari Coupe de France


Basuki Eka Purnama |

PARIS FC dan Lyon, Senin (27/12), didepak dari kompetisi Coupe de France karena aksi para pendukung mereka yang menyebabkan laga pada 17 Desember dihentikan saat paruh waktu.

Kedua tim sedang bermain imbang 1-1 dalam laga di Paris ketika para pendukung masuk ke lapangan di Stadion Charlety akibat insiden di bangku penonton.

Ketimbang menyelesaikan laga itu, komisi disiplin Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) memutuskan untuk mendepa kedua klub.

Baca juga: Laga Coupe de France di Paris Dihentikan karena Ulah Penonton

FFF dalam sebuah pernyataan resmi menegaskan kedua klub bertanggung jawab atas insiden yang terjadi meski presiden kedua klub saling menyalahkan.

Keputusan FFF itu berarti Nice, yang dijadwalkan bertemu dengan pemenang laga antara Paris FC dan Lyon, langsung melaju ke babak 16 besar.

Komisi disiplin FFF juga menjatuhkan denda sebesar 10 ribu euro kepada Paris FC sementara Lyon, yang telah diganjar pemotongan poin di Ligue 1 juga karena ulah pendukung, didenda sebesar 52 ribu euro.

Lyon juga diganjar hukuman percobaan di ajang Coupe de France dan pendukung mereka dilarang menghadiri laga tandang di Ligue 1 hingga akhir musim.

Sebelumnya, Lyon telah mengumumkan akan melarang kelompok pendukung mereka menghadiri laga andang.

Adapun Paris FC diganjar hukuman menggelar lima laga kandnag tanpa penonton.

Insiden dalam laga Coupe de France antara Paris FC dan Lyon itu diawali oleh aksi saling lempar bom asap dan cerawat antara pendukung kedua klub yang berujung dengan perkelahian yang memaksa sejumlah pendukung lari ke lapangan.

Dua orang, seorang pendukung dan seorang polisi terluka dalam insiden itu.

Insiden itu merupakan yang teranyar dalam ulah aksi pendukung di sepak bola Prancis.

Ini merupakan kedua kalinya pendukung Lyon menyebabkan laga dihentikan. Yang pertama adalah laga kandang Ligue 1 melawan Marseille. laga itu dihentikan setelah kapten Marseille Dmitri Payet terkena lemparan botol yang dilemparkan pendukung Lyon. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT