19 December 2021, 10:21 WIB

Pemain Muda Barcelona, Antarkan Blaugrana Menang 3-2 Atas Elche


Rifaldi Putra Irianto |

PEMAIN muda Barcelona, Ferran Jutlga, Pablo Gavi, dan Nico Gonzalez tampil mengejutkan dalam pertandingan pekan ke-18 Liga Spanyol 2021/2022, di mana mereka berhasil membawa Barcelona menang atas Elche dengan skor 3-2, Minggu (19/12) dini hari WIB.

Melihat penampilan impresif para pemain muda itu, pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengaku senang dengan apa yang mereka tampilkan, pelatih berusia 41 tahun itu juga menyebutkan bahwa mereka merupakan bintang masa depan Barcelona.

"Gavi, Nico, Abde, (Ronald) Araujo, (Alex) Balde, mereka adalah masa depan klub," kata Xavi dikutip dari AFP, Minggu (19/12).

"Saya bermain di sini ketika saya berusia 18 tahun dan saya takut. Tetapi mereka membiarkan kepribadian mereka terlihat, itu luar biasa," imbuhnya.

Gavi bisa dibilang menjadi andalan Barcelona sejak Xavi masuk sebagai pelatih. Statistik mencatat, pemain berusia 17 tahun itu sudah tampil sebagai pemain utama sebanyak tujuh kali.

Melihat penampilan Gavi, yang mana dia berhasil mencetak gol individu di babak pertama, dan membantu pemenang Nico di akhir babak kedua, Xavi pun memuji penampilan Gavi di pertandingan ini.

"Yang mengejutkan adalah usianya, dia 17 tahun dan lihat bagaimana dia bersaing," kata Xavi.

"Hari ini dia membuat perbedaan dengan gol dan assist. Di luar itu, pekerjaannya spektakuler. Kami senang memilikinya dan saya tidak ingin membandingkannya dengan siapa pun. Tidak ada batasan untuknya," terangnya.

Bertarung di Stadion Camp Nou, tiga gol kemenangan Barcelona sukses dicetak oleh para pemain muda. Ferran Jutlga menjadi penyumbang gol pertama dalam pertandingan ini di mana pemain berusia 22 tahun itu langsung tancap gas untuk mencetak gol pada menit ke-16.

Gol itu membakar semangat Blaugrana, tak memerlukan banyak waktu Gavi dengan cekatan menggandakan keunggulan untuk Barcelona, menyajikan aksi individu pemain berusia 17 tahun itu melepaskan tembakan keras mendatar yang gagal diantisipasi kiper Elche Edgar Badia.

Sempat mendapat perlawanan dari Elche, kedudukan imbang 2-2 pun tercipta di babak kedua, yang mana Tete Morente dan Pere Milla sukses menjebloskan gol ke gawang Barcelona pada menit ke-62 dan 63'.

Tak ingin kembali mendapatkan hasil imbang, yang mana dalam pertandingan Liga Spanyol sebelumnya Barcelona bermain imbang saat menghadapi Osasuna, Blaugrana pun berjuang keras untuk meraih kemenangannya.

Terus menggempur pertahanan lawan dan tampil lebih agresif, kerja keras Blaugrana akhirnya terbayarkan pada menit ke-85 setelah pemain muda Barcelona lainnya Nico Gonzalez (19 tahun) berhasil membawa tuan rumah kembali memimpin lewat sontekan jarak dekat mengakhiri umpan tarik Gavi.

Memimpin dengan skor 3-2 untuk Barcelona, kedudukan itu pun terus bertahan hingga peluit panjang tanda akhir pertandingan berbunyi. Berkat kemenangan ini, Barcelona pun kini bertengger di peringkat ketujuh klasemen Liga Spanyol dengan mengoleksi 27 poin. (Rif/AFP/OL-09)

BERITA TERKAIT