18 December 2021, 06:00 WIB

Perluas Liga Negara, UEFA Gandeng CONMEBOL


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

ASOSIASI Sepak Bola Eropa (UEFA) dan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) tengah menjajaki kompetisi bersama Liga Negara. yang akan membuat negara-negara seperti Brasil dan Argentina bertanding dalam kompetisi yang diperluas. Hal itu diungkapkan UEFA, Jumat (17/12).

UEFA dan CONMEBOL menentang keras rencana FIFA mengenai Piala Dunia dua tahunan. Kedua konfederasi sepak bola itu, pekan ini, menandatangani Nota Kesepahaman yang diperpanjang hingga Juni 2028.

"UEFA sedang mengerjakan sejumlah proyek dengan CONMEBOL, termasuk kompetisi bersama Liga Negara tetapi belum tuntas dan belum ada keputusan yang dibuat," ungkap UEFA dalam sebuah pernyataan..

Baca juga: Inggris, Italia, dan Jerman Satu Grup di Liga Negara UEFA Musim Depan

Dalam sebuah wawancara dengan media Polandia Meczyki, Kamis (16/12), wakil presiden UEFA Zbigniew Boniek mengatakan 10 tim Amerika Selatan akan ditambahkan dalam kompetisi Liga Negara mulai 2024.

"Mulai 2024, CONMEBOL akan bergabung dengan Liga Negara. Kami belum tahu formula apa, dalam bentuk apa. Kami menandatangani nota kerja sama antara CONMEBOL dan UEFA dan mulai 2024 tim-tim ini akan bermain dalam Liga Negara," kata dia.

Dia menegaskan enam tim CONMEBOL akan bergabung dengan Liga A Liga Negara, sedangkan empat lainnya bergabung dengan Liga B. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT