17 December 2021, 12:30 WIB

Klopp Akui Newcastle Sulitkan Liverpool


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANAJER Liverpool Juergen Klopp memuji ketangguhan anak asuhnya saat menghadapi Newcastle United pada laga pekan ke-17 Liga Primer Inggris, Jumat (17/12) dini hari WIB. Meski Liverpool menang 3-1, Klopp mengakui anak asuhnya sempat kesulitan dalam laga yang digelar di Anfield itu.

The Reds sempat tertinggal lebih dulu akibat gol cepat dari Jonjo Shelvy di menit keenam. 

Liverpool kemudian mampu bangkit. Gol Diogo Jota di menit ke-21 dan Mohamed Salah di menit ke-25 membuat Liverpool balik memimpin sebelum jeda. Kemenangan The Reds dilengkapi oleh gol Trent Alexander-Arnold pada menit ke-87.

Baca juga: Kebobolan Duluan, Liverpool Bangkit untuk Kalahkan Newcastle

Klopp mengatakan timnya sudah memahami betul gaya bermain Newcastle. Hal tersebut tidak lepas dari Klopp yang menganalisa taktik manajer Newcastle Eddie Howe di tim sebelumnya, Bournemouth.

Terakhir kali Liverpool berjumpa Bournemouth yang dibesut Howe di Anfield pada September 2020 lalu, mereka juga harus tertinggal lebih dulu. Namun, The Reds kemudian bisa bangkit untuk menang 2-1.

Laga ini menjadi pelajaran bagi pasukan Klopp saat mereka juga harus tertinggal lebih dulu dari Newcastle. Liverpool bisa keluar dari situasi sulit untuk meraih tiga angka.

"Kami lebih banyak menganalisa Bournemouth saat persiapan laga ini daripada Newcastle. Kami menang 2-1 terakhir kali Eddie Howe ada di sini bersama Bournemouth setelah mereka mencetak gol lagi. Kami mengharapkan hal serupa. Mereka membuat kami sulit," kata Klopp.

"Dalam permainan seperti ini, hal utama adalah tetap positif dan berpikiran ofensif. Ambil kesempatan,"  lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Klopp juga memuji performa Alexander-Arnold, terutama gol yang dihasilkan. Sang juru taktik menyebut tembakan keras yang dibuat anak asuhnya itu ada di level yang berbeda.

"Saya katakan kepada Arnold, itu bola panjang terbaik yang dia kirim. Itu luar biasa, tidak bisa dipercaya. Teknik tembakan dia berada di level berbeda," jelasnya.

Kemenangan ini membuat Liverpool memperpendek jarak dengan sang pemuncak klasemen Manchester City menjadi satu poin. Mereka membayangi di urutan kedua dengan 40 poin. 

Sementara itu, kekalahan membuat Newcastle semakin terbenam di dasar klasemen lantaran baru meraih sepuluh angka dari 17 laga. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT