16 December 2021, 08:45 WIB

Juara Piala Eropa akan Berhadapan dengan Juara Copa America pada Juni 2022


Basuki Eka Purnama |

JUARA Piala Eropa 2020 Italia dan juara Copa America 2021 Argentina akan bertemu dalam pertandingan bertajuk Finalissima, yang bakal digelar di London pada 1 Juni 2022.

Ajang itu disepakati oleh konfederasi sepak bola Eropa, UEFA, dan organisasi sejawatnya di Amerika Latin, CONMEBOL, September lalu, setelah keduanya menyampaikan penolakan keras atas rencana FIFA menggelar Piala Dunia tiap dua tahun sekali.

"Kerja sama menjadi tradisi panjang antara UEFA dan COMEBOL, sebagaimana sudah tercatat sejarah lewat kompetisi seperti Artemio Franchi Trophy dan Piala Interkontinenal," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin dalam pernyataan resmi, Rabu (15/12).

Baca juga: Akibat Kerusuhan di Final Piala Eropa, Inggris Didenda dan Disanksi UEFA

"Dengan penuh rasa bangga kami meluncur kembali trofi level timnas bergengsi semacam itu sebagai sajian bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia," sambung dia.

Baik Italia maupun Argentina sama-sama menjadi juara kompetisi benua masing-masing dengan mempecundangi lawan mereka yang berstatus tuan rumah.

Italia menaklukkan Inggris di partai final yang digelar di Wembley, sedangkan Argentina mengalahkan Brasil di Maracana guna menyudahi paceklik gelar 28 tahun lamanya.

Kedua konfederasi itu juga menandatangani perpanjangan nota kesepahaman yang akan berlaku hingga 30 Juni 2028 dan mereka bakal berbagi kantor di London mulai tahun depan. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT