14 December 2021, 13:00 WIB

Meski AS Roma Kembali ke Jalur Kemenangan, Mourinho belum Puas


Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola

SETELAH menelan dua kekalahan berturut-turut di Seri A, AS Roma berhasil mengakhiri performa mengkhawatirkan mereka usai merebut kemenangan atas Spezia 2-0, Selasa (14/2) WIB.

Melakoni pertandingan di Stadio Olimpico, Chris Smalling dan Roger Ibanez sukses menempatkan tim asuhan Jose Mourinho itu kembali ke jalur kemenangan, menyusul kekalahan atas Bologna dan Inter Milan.

Atas hasil ini, Roma naik ke urutan keenam di klasemen sementara dengan 28 poin, dua poin di belakang Fiorentina, yang memegang tempat kualifikasi Liga Europa, dan satu tingkat di atas Juventus, yang duduk di urutan ketujuh setelah bermain imbang dengan Venezia, Sabtu (11/12).

Baca juga: Kalahkan Spezia, AS Roma Kembali ke Jalur Kemenangan

Dalam pertandingan Roma mendominasi dengan 52% penguasaan bola plus 12 percobaan yang berujung enam peluang on target.

Gol pertama Roma berhasil dicetak pada menit keenam pertandingan, lewat aksi aksi Smalling yang dengan santai menyambut umpan rekan senegaranya Tammy Abraham dari sepak pojok, lewat sundulannya bola tidak bisa diselamatkan Ivan Provedel dan berhasil menggetarkan jala gawang lawan.

Roma mendapat gol kedua, 10 menit setelah turun minum, menyambut sepak pojok Veretout, Ibanez melakukan sundulan keras di tengah pertahanan bola mati dan sukses mencetak gol kedua untuk Roma tepatnya pada menit ke-56.

Meski Tammy Abraham dkk berhasil meraih kemenangan, pelatih AS Roma Jose Mourinho menilai skuat asuhnya terlalu mudah kehilangan bola dan aliran umpan tidak berjalan dengan baik.

"Saya menyukai dua gol dari sepak pojok, karena kemarin kami berlatih dengan bola mati selama 25 menit," kata Mourinho dikutip dari Footbal-Italia, Selasa (14/12).

“Saya suka hasilnya, tapi tidak dengan permainannya. Itu bukan pertandingan yang sulit, mulai dari babak pertama, kami kehilangan banyak bola mudah," imbuhnya.

“Kami tidak pernah memiliki sirkulasi bola yang baik. pada saat itu saya rasa tidak sulit bermain melawan Spezia," jelasnya.

Kendati Mourinho tidak terlalu puas dengan permainan secara keseluruhan anak didiknya, namun pelatih berusia 58 tahun itu memuji penampilan Ibanez yang tampil kuat sepanjang pertandingan.

"Setelah 2-0, saya juga suka melihat upaya gigih dari Ibanez yang bertahan di lapangan meski mengalami kesulitan-kesulitan fisik, saat itu saya merasa laga belum berakhir," terangnya.

Setelah berhasil merebut kemenangan atas Spezia, Roma akan melanjutkan perjalanan mereka di Seri A dengan menghadapi Atlanta, Sabtu (18/12) malam WIB.

Saat ditanya apakah Smalling, Ibanez dan Nicolò Zaniolo akan tampil untuk pertandingan melawan Atalanta pada hari Sabtu. Mourinho meragukan kehadiran Smalling.

"Kita lihat saja nanti. Ibanez saya rasa akan tetap di lapangan, saat Smalling kemungkinan absen. Smalling merasakan sedikit masalah pada fisiknya," ucap Mourinho.

“Saya harap ini hanya masalah kelelahan. Atalanta adalah tim papan atas, menghadapi skuat yang besar. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit," tuturnya.

“Untuk Zaniolo, saya belum tahu, saat ini dia tidak mengalami cedera serius, tapi mari kita lihat. Ini akan sulit melawan Atalanta, juga dengan Sampdoria," tukasnya. (Football-Italia/OL-1)

BERITA TERKAIT