11 December 2021, 23:36 WIB

Dusan Vlahovic Pimpin Fiorentina Gasak Salernitana


Ant |

STRIKER Dusan Vlahovic semakin menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang yang subur saat membantu Fiorentina mencukur Salernitana 4-0 dalam laga pekan ke-17 Liga Italia di Stadion Artemio Franchi, Sabtu (11/12).

Penyerang asal Serbia itu menyumbangkan dua dari empat gol kemenangan Fiorentina di pertandingan kali ini sembari menegaskan posisinya di puncak daftar top skor sementara Liga Italia dengan koleksi 15 gol.

Gelandang gaek Giacomo Bonaventura lebih dulu membuka keunggulan Fiorentina pada menit ke-31 memanfaatkan situasi bola mati untuk memperdaya kiper Vid Belec dengan tendangan dari luar kotak penalti.

Keunggulan itu digandakan oleh Vlahovic enam menit memasuki babak kedua saat ia menyelesaikan umpan sodoran Alfred Duncan demi melesakkan bola ke pojok kanan atas gawang tim tamu. Vlahovic lantas mencetak gol keduanya memanfaatkan operan dari Riccardo Sottil pada menit ke-84 demi secara praktis membunuh pertandingan lebih awal bagi Salernitana.

Penyerang berusia 21 tahun itu nyaris saja melengkapi torehannya menjadi trigol bila saja tendangannya tak dimentahkan oleh Belec tepat di pengujung waktu normal. Penyelamatan Belec tak sempurna dan bola muntah langsung disambar oleh Youssef Maleh yang melengkapi kemenangan Fiorentina jadi 4-0.

Salernitana, yang sepanjang laga memiliki hanya 29 persen penguasaan bola berusaha keras untuk menciptakan gol balasan tapi tak satu pun dari enam percobaan mereka yang tepat sasaran bisa membuahkan hasil.

Kemenangan ketiga beruntun yang dibukukan Fiorentina mengangkat posisi tim besutan Vincenzo Italiano itu ke peringkat kelima klasemen dengan raihan 30 poin. Sedangkan Salernitana, yang sudah enam pertandingan terakhir tak merasakan kemenangan tak beranjak dari posisi juru kunci dengan delapan poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Di pertandingan selanjutnya, Fiorentina akan menjamu Sassuolo di Artemio Franchi pada Minggu (19/12) pekan depan, sedangkan Salernitana dua hari sebelumnya bakal menjamu juara bertahan Inter Milan di Arechi.

Sebelum itu, Salernitana akan bertandang ke Luigi Ferraris menghadapi Genoa dalam laga putaran kedua Coppa Italia pada Selasa (14/12) dan sehari kemudian Fiorentina menjamu tim kasta kedua Benevento di babak yang sama. (OL-8)

BERITA TERKAIT