09 December 2021, 05:58 WIB

Kalahkan Dynamo, Benfica Gusur Barcelona ke Liga Eropa


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

ROMAN Yaremchuk dan Gilberto mencetak gol saat Benfica mengalahkan Dynamo Kiev 2-0, Kamis (9/12) dini hari WIB, untuk memastikan tiket ke babak 16 besar Liga Champions setelah menggusur Barcelona dari posisi kedua Grup E.

Yaremchuk mencetak gol pada menit 16 laga di Estadio da Luz dan Gilberto menggadakan keunggulan Benfica, tidak lama kemudian, untuk memastikan klub Portugal itu lolos ke babak sistem gugur Liga Champions untuk kali pertama dalam tempo lima tahun.

Benfica tertinggal dua poin dari Barcelona memasuki laga pamungkas Grup E setelah hanya menang sekali dari lima laga. Namun, mereka sukses menggusur Blaugrana yang kalah telak 3-0 saat bertandang ke markas Bayern Muenchen.

Baca juga: Tim Muda Manchester United Ditahan Imbang Young Boys

Benfica seharusnya sudah unggul di menit awal laga saat tendangan Rafa Silva, yang menyambar bola liar setelah tendangan Yaremchuk ditahan kiper Georgiy Bushchan, melenceng ke atas mistar gawang.

Dynamo gantian membuang peluang ketika tendangan Viktor Tsygankov yang berhadapan dengan gawang kosong melenceng.

Benfica akhirnya membuka keunggulan pada menit 16 setelah Joao Mario melepaskan umpan yang disambut Yaremchuk untuk menjebol gawang Dynamo.

Benfica menggandakan keunggulan mereka, enam menit kemudian, lewat aksi Gilberto memanfaatkan kesalahan gelandang Dyanmo Benjamin Verbic.

Kemenangan itu membuat Benfica menjadi tim Portugal kedua yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah Sporting Lisbon. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT