08 December 2021, 19:36 WIB

Kemenkes-Polri akan Bantu Kawal Aturan Penonton Terbatas di Liga 2 


Ilham Ananditya |

KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan pihaknya bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggelar uji coba pertandingan sepak bola dengan kehadiran penonton terbatas di stadion. Uji coba akan dilakukan pada laga 8 besar Liga 2 di Stadion Pakansari Bogor dan Stadion Wibawa Mukti Bekasi pada 15 Desember mendatang. 

Hal itu disampaikan Iriawan usai melakukan rapat koordinasi lintas sektoral yang dipimpin langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Rabu (8/12). Hadir pula dalam rapat, Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Imam Sugianto dan Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kartini Rustandi. 

“Kami tadi memaparkan kembali kepada Kemenkes, Kepolisian, dan BNPB terkait rencana adanya suporter dalam pertandingan di Liga 1 dan 2 dalam kompetisi ini. Dalam rapat tadi, kita ambil kesimpulan bahwa kita akan melakukan uji coba pada pertandingan 8 besar liga 2 yang akan mulai tanggal 15 Desember sampai selesai,” kata Iriawan. 

Menurutnya, pada uji coba penonton terbatas tersebut pihaknya hanya akan mengundang pihak klub dan para suporternya serta undangan lainnya yang jumlahnya sekitar 100-400 orang per undangan. 

“Jadi semuanya jika ditotal masih di bawah 1.000 orang. Kita akan melihat dulu bagaimana uji coba tersebut,” ujarnya. 

Iriawan memastikan, pihaknya tetap akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin mengingat masih dalam situasi pandemi. Para penonton yang masuk nantinya wajib sudah antigen, sudah vaksinasi, dan menggunakan aplikasi pedulilindungi. Nantinya, penerapan protokol kesehatan akan dibantu Kemenkes. Sementara pengamanan dibantu oleh pihak Kepolisian. 

Baca juga : Evan Dimas Ditunjuk Jadi Kapten Baru Timnas di AFF

“Kami tidak ingin terjadi lagi seperti dulu (Piala Menpora 2021), pertandingannya di Solo, tapi ramainya di Bandung dan Bundara HI Jakarta. Kalau nanti uji coba dalam 8 besar liga 2 bisa berjalan lancar, sukses dan aman, terkendali. Insya Allah akan diteruskan dalam pertandingan Liga 1 seri 4 dan 5 di Bali,” jelasnya. 

Sementara itu, Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Imam Sugianto memastikan pihaknya siap untuk membantu pengamanan jalannya uji coba. Beberapa waktu ke depan ini, pihaknya akan memanfaatkan untuk mendesain pengamanan yang komprehensif sehingga Liga 2 berjalan dengan lancar. 

“Saya mengimbau kepada seluruh koordinator supporter, ayo kita sama-sama hormati, kita patuhi pertauran yang dibuat oleh PSSI dalam penyelenggaraan 8 besar liga 2 ini. Semoga bisa berlangsung dengan aman dan nyaman hingga akhir musim ini,” imbaunya. 

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Kartini Rustandi menilai selama ini PSSI telah menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dalam pertandingan baik Liga 1 maupun Liga 2. 

“Mudah-mudahan upaya dengan menambah supporter, para suporter bisa mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan PSSI. Kemenkes mendukung upaya menggerakkan masyarakat untuk hidup sehat,” tukasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT