06 December 2021, 05:39 WIB

Freiburg Permalukan Gladbach di Kandang Sendiri


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PELATIH Borussia Moenchengladbach Adi Huetter semakin berada di bawah tekanan setelah tim asuhannya dipermalukan 6-0 di kandang sendiri oleh Freiburg di laga Bundesliga, Minggu (5/12).

Kekalahan dari Freiburg itu membuat Gladbach hanya terpaut tiga poin dari zona degradasi.

Freiburg mencetak seluruh gol mereka di babak pertama saat mereka mencatatkan kemenangan terbesar mereka sepanjang sejarah di laga Bundesliga.

Baca juga: Lewandowski Cetak Dua Gol, Bayern Berjaya di Der Klassiker

Kekalahan telak itu meningkatkan tekanan terhadap Huetter yang prestasinya naik turun sejak menukangi Gladbach pada awal musim ini.

Pelatih Austria itu mengantarkan Gladbach menang telak 5-0 atas Bayern Muenchen di laga DFB Pokal, Oktober lalu, namun hanya memenangkan lima dari 15 laga di Bundesliga sejauh ini.

"Pertama-tama, saya harus meminta maaf atas penampilan kami hari ini. Ini tidak bisa diterima. Saya sangat kecewa," ujar Huetter kepada DAZN.

Direktur Olahraga Gladbach Max Eberl menyebut kekalahan dari Freiburg itu sulit dipercaya namun dia memastikan posisi Huetter tetap aman.

"Kami telah menetapkan arah klub dan akan mempertahankannya. kami tidak akan terburu-buru mencari pelatih baru," tegasnya.

Sebelum laga melawan Freiburg, Gladbach tidak terkalahkan di kandang sementara Freiburg tidak pernah menang di kandang Gladbach sejak 1995.

Namun, semua rekor itu tidak berarti setelah Freiburg membombardir pertahanan Gladbach di 20 menit pertama laga.

Maximilian Eggestein dan Kevin Schade mencetak gol di lima menit pertama sementara empat gol freiburg lainnya terjadi dari bola mati.

Philipp Lienhart mencetak gol dari tendangan bebas sementara Nicolas Hoefler mencetak gol dari sepak pojok untuk membawa Freiburg unggul 4=-0 dalam tempo 20 menit.

Pertahanan Gladbach yang berantakan menghadapi bola mati berlanjut setelah Lucas Hoeler mencetak gol sundulan memanfaatkan tendangan bebas.

Gol itu membuat Freiburg menjadi klub Bundesliga pertama yang berhasil mencetak lima gol dalam tempo 25 menit pertama laga sejak Gladbach melumat Eintracht Braunschweig 10-0 pada 1984.

Nico Schlottenbck membuat kedudukan menjadi 6-0 sebelum jeda dengan menyundul tendangan bebas Vincenzo Grifo yang membentur Ramy Bensebaini. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT