01 December 2021, 16:59 WIB

Timnas Indonesia Bertolak ke Singapura Siap Tempur di Piala AFF Suzuki 2020


Ilham Ananditya | Sepak Bola

PASKA menjalani laga uji coba dan melakukan pemusatan latihan (TC) di Turki, tim nasional Indonesia hari ini (1/12) bertolak ke Singapura untuk segera mengikuti Piala AFF Suzuki 2020.

Selama di Turki, skuad Garuda melakukan tiga kali laga persahabatan. Kalah 0-1 dari Afganistan. Menang telak 4-1 atas Myanmar dan menang lawan tim lokal Turki, Antalyaspor, 4-0 di Limas Football Complex, Antalya, Turki (28/11) lalu.

Piala AFF yang menjadi target kompetisi selanjutnya bagi pelatih Shin Tae-yong adalah dapat menembus laga semifinal. Namun sebelum itu, timnas Indonesia harus lebih dulu lolos dalam penyisihan grup. Evan Dimas dkk akan bersiap menghadapi lawan-lawan di Grup B yakni Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

"Ini kombinasi pemain yang bagus. Rata-rata usia skuad ini masih muda. Masa depan tim ini saya yakin akan cerah. Saya sebagai Ketua Umum PSSI pasti akan mendukung mereka habis-habisan. Saya dan beberapa Exco PSSI juga akan berangkat ke Singapura untuk mendukung mereka. Insya Allah mereka bisa menjadi juara,’’ imbuh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Dalam keberangkatannya menuju laga AFF 2020, timnas Indonesia memberangkatkan 30 pemain. Dengan rincian, tiga kiper, 11 bek, 11 gelandang, dan empat penyerang.

Menilik ke belakang, Indonesia terakhir kali menjadi juara di kawasan ASEAN pada SEA Games 1991. Suatu pencapaian yang bahkan belum bisa diulangi lagi oleh generasi berikutnya hingga sekarang.

"Sudah terlalu lama kita tidak menjadi juara. Kini saatnya kita menjadi yang terbaik. Mari kita doakan yang terbaik agar pemain timnas Indonesia bisa menjadi juara di Piala AFF kali ini,’’ imbuh Iriawan. (PSSI/OL-13)

Baca Juga: Piala Dunia Antarklub akan Digelar 3-12 Februari

 

BERITA TERKAIT