27 November 2021, 23:35 WIB

Empoli Tekuk Fiorentina 2-1


Ant | Sepak Bola

EMPOLI bangkit dari ketinggalan untuk menjungkalkan Fiorentina 2-1 dalam laga pekan ke-14 Liga Italia di Stadion Carlo Castellani, Sabtu (27/11) ketika dalam pertandingan lain Sampdoria menang 3-1 di Luigi Ferraris untuk menyudahi laju tak terkalahkan Verona.

Menjamu Fiorentina di Carlo Castellini, Empoli tertinggal lebih dulu akibat gol ke-11 Dusan Vlahovic di Liga Italia musim ini yang membawa tim tamu memimpin sejak menit ke-57. Gol tersebut lahir dari keberhasilan Fiorentina meredam tembakan Liam Henderson dan sabar membangun serangan balik yang diakhiri sepakan kaki kiri Vlahovic yang memanfaatkan umpan Jose Callejon.

Fiorentina sepertinya akan membawa pulang tiga poin penuh, tetapi Empoli membuyarkannya pada menit ke-87 saat Filippo Bandinelli mencetak gol dari jarak dekat setelah memanfaatkan umpan tendangan bebas Andrea La Mantia. Dua menit kemudian, Fiorentina malah dipaksa pulang dari Carlo Castellani dengan tangan hampa setelah gawang mereka dibobol lagi oleh Andrea Pinamonti yang mengunci kemenangan 2-1 Empoli.

Momentum  kebangkitan juga terjadi di Luigi Ferraris di mana Sampdoria tertinggal lebih dulu dari tamunya Verona yang memimpin 1-0 hingga turun minum berkat gol Adrien Tameze pada menit ke-37. Tuan rumah menyamakan kedudukan enam menit memasuki babak kedua lewat tembakan sudut sempit Antonio Candreva yang menyelesaikan umpan Francesco Caputo.

Momentum kebangkitan Sampdoria berlanjut dan Candreva kembali membuat andil lewat umpan tendangan bebasnya yang bisa ditanduk Albin Ekdal untuk membuat tuan rumah berbalik unggul 2-1 pada menit ke-77. Kebangkitan Sampdoria dilengkapi gol Nicola Murru tepat pada ujung waktu normal saat dia menyambar bola muntah hasil tembakan Manolo Gabbiadini dari serangan balik guna mengunci kemenangan 3-1 atas Verona.

Hasil-hasil tersebut membuat Empoli menanjak ke posisi kesepuluh klasemen dengan 19 poin dan Sampdoria naik ke urutan ke-15 dengan 15 poin. Sementara Fiorentina turun ke peringkat kedelapan dengan 21 poin yang satu level dan dua poin persis di atas Verona yang tertahan pada tempat kesembilan, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Berikutnya Sampdoria akan bertandang ke Artemio Franchi menghadapi Fiorentina dan Verona menjamu Calgiari di Marc'Antonio Bentegodi Selasa pekan depan dan dua hari kemudian Empoli menyambangi markas Torino di Olimpico Grande. (OL-8)

BERITA TERKAIT