27 November 2021, 10:53 WIB

Mancini Cemas Lihat Hasil Undian Playoff Piala Dunia


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PELATIH Italia Roberto Mancini mengakui undian babak playoff Piala Dunia 2022 sangat menyulitkan timnya. Mereka harus menyingkirkan Makedonia Utara dan berpotensi menghadapi Portugal di babak final playoff zona Eropa.

Italia dan Portugal menempati path C. Italia mesti lebih dulu mengalahkan Makedonia Utara, yang merupakan lawan mereka di semifinal playoff Piala Dunia zona Eropa. Sedangkan Portugal wajib menyingkirkan Turki.

Pertandingan semifinal playoff Piala Dunia zona Eropa, dilaksanakan pada 24 Maret 2022. Sementara laga final masing-masing path akan dilangsungkan lima hari kemudian.

Baca juga: Italia dan Portugal Berada di Satu Jalur Undian Playoff Piala Dunia 2022

Mancini kurang puas dengan hasil undian tersebut. Menurutnya, Italia dan Portugal seharusnya bisa mendapatkan hasil undian yang lebih pantas.

"Harusnya (hasil undiannya) bisa sedikit lebih baik. Sudah jelas Italia dan Portugal  harus mengalahkan Makedonia Utara dan Turki (untuk lolos ke Piala Dunia)," ujar Mancini.

Hasil undian ini cukup berat bagi Italia. Namun itu adalah harga yang harus dibayar akibat performa tidak konsisten selama kualifikasi lalu. Mereka cuma menang sekali dan empat kali imbang dalam lima laga terakhir.

Namun, Mancini tidak kehilangan optimisme untuk membawa negaranya ke Piala Dunia Qatar 2022 sekaligus menghapus memori kelam pada 2018 lalu.

"Playoff nanti juga hanya digelar satu leg, yang pastinya menyajikan kesulitan tersendiri. Tapi, kami tetap percaya diri dan berusaha berpikir positif, terutama di situasi buruk seperti ini," ujarnya.

Mancini dilaporkan akan memanggil striker Cagliari Joao Pedro setelah melihat inkonsistensi yang dialami dua penyerang utama Azzurri, Ciro Immobile dan Andrea Belotti.

Ia juga tidak menutup kemungkinan akan memasukkan nama Pedro, pada laga kontra Makedonia Utara mendatang.

"Itu adalah laporan yang baru mencuat selama beberapa pekan terakhir. Kita lihat saja apa yang akan terjadi di masa depan, kami masih memiliki banyak pemain bagus di skuad," kata Mancini.

"Namun, kita semua tak boleh melupakan apa yang sudah dicapai para pemain di dalam skuad selama empat bulan terakhir," lanjutnya. (Footballitalia/OL-1)

BERITA TERKAIT