26 November 2021, 11:00 WIB

Meski Roma Menang Telak, Mourinho belum Puas


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PELATIH AS Roma Jose Mourinho belum puas dengan penampilan anak asuhnya meski menang telak 4-0 saat menjamu Zorya Luhansk di matchday kelima babak grup Liga Konferensi UEFA di Stadio Olimpico, Jumat (26/11) dini hari WIB. 

Empat gol tuan rumah dicetak oleh Carlo Perez, Nicolo Zaniolo, dua gol Tammy Abraham.

Mourinho mengatakan AS Roma harusnya bisa mencetak lebih banyak gol ke gawang klub asal Ukraina itu.

Baca juga: AS Roma Hajar Zorya Luhansk

"Saya pikir kami melakukannya dengan sangat baik sejak menit pertama. Namun kami harusnya bisa saja mencetak enam atau tujuh gol. Zorya bukan dari level tertinggi," terang Mourinho.

Sepanjang 90 menit laga, Roma mengemas 19 tembakan dan sembilan di antaranya on target. Statistik ini berbanding terbalik dengan tim tamu yang hanya mengemas delapan upaya mencetak gol.

Mourinho juga menyoroti penampilan Abraham yang dinilai banyak membuang peluang. Mantan striker Chelsea itu dinilai terlalu ambisius untuk mencetak gol.

Menurutnya, Tim-tim Serie A lebih mengedepankan kerja sama tim untuk membuka peluang menjadi gol. Abraham diminta memahami filosofi permainan itu.

"Saya paham Abraham datang dari sepak bola yang membuatnya harus bermain berbeda. Chelsea adalah klub yang tampil mendominasi sepanjang laga dan striker di sana hanya bertugas untuk mencetak gol," kata Mou.

"Namun, di sini (klub Italia), striker juga memiliki peran yang penting dalam sebuah tim. Tidak selalu soal gol namun memberikan pelayanan kepada pemain lain, bahkan jika perlu striker bertugas untuk menekan bek lawan," jelasnya.

Meski begitu, Mourinho merasa Roma mampu merespon kondisi tim yang tidak konsisten di beberapa waktu terakhir. Roma dinilai saat ini sudah berada di jalur yang tepat.

"Ada tanggung jawab untuk bergerak maju di tim ini, yang harus kami menangkan. Kami telah melakukannya dengan sangat, sangat baik sejak menit pertama, hasilnya sangat pantas, kami menciptakan banyak hal," katanya.

Roma masih belum beranjak dari urutan kedua klasemen Grup G Liga Konferensi UEFA. Untuk saat ini, mereka mengoleksi sepuluh poin dari lima pertandingan yang telah dimainkan.

Roma masih berpeluang lolos ke babak 16 besar tanpa bersusah payah melewati play-off jika sanggup merebut puncak klasemen di matchday terakhir, saat mereka dihadapkan dengan CSKA Sofia, Desember mendatang. (Footballitalia/OL-1)

BERITA TERKAIT