25 November 2021, 22:22 WIB

Simic Gagal Eksekusi Penalti, Persija Dibekap Bali United


Widhoroso | Sepak Bola

TREN kemenangan gagal dilanjutkan Persija Jakarta setelah dipaksa menelan kekalahan tipis 0-1 dari Bali United di Stadion Manahan, Sleman, Kamis (25/11) pada pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2021/22.

Kekalahan itu membuat Persija terpaku di posisi kesembilan klasemen sementara dengan nilai 18. Sedangkan Bali United merangkak ke peringkat empat usai mengoleksi 25 poin.

Duel antara Persija dan Bali United berlangsung sengit sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Kedua tim memperlihatkan permainan terbuka, dan saling serang ke pertahanan lawan masing-masing.

Peluang pertama diperoleh Persija ketika laga memasuki menit kelima. Marco Motta menyisir sisi kiri pertahanan Bali United, dan melepaskan tendangan yang dapat diantisipasi kiper Nadeo Argawinata.

Bali United membalas ancaman Persija. Mereka mendapatkan peluang emas di menit ke-12. Umpan Eber Bessa disambut Melvin Platje yang sambil menjatuhkan badan menyontek bola. Tetapi reflek penjaga gawang Andritany Ardhiyasa mampu menepis bola sontekan Platje.

Serdadu Tridatu akhirnya mamapu mencetak gol menit ke-26. Berawal dari tusukan Ricky Fajrin dari sisi kiri serangan diakhiri dengan umpan ke depan gawang. Ilija Spasojevic langsung menanduk bola untuk menjebol gawang Andritany.

Persija meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, penyelesaian akhir yang terburu-buru membuat Macan Kemayoran mengalam kesulitan untuk mengoyak jala Bali United.

Sebaliknya, Bali United justru bisa memberikan ancaman serius untuk menggandakan keunggulan di menit ke-35. Namun sundulan Stefano Lilipaly menyambut umpan Andhika Wijaya masih jatuh di atas jala gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Bali United tidak mengalami perubahan hingga babak pertama berakhir.

Permainan terbuka tetap diperlihatkan Persija dan Bali United di babak kedua. Persija yang tertinggal satu gol bermain lebih agresif dengan tempi cepat demi mengubah papan skor.

Kendati demikian, Bali United terlebih dulu mendapatkan peluang yang bisa menggandakan keunggulan saat laga berjalan satu jam. Sayangnya, bola tandukan Platje yang berdiri bebas ketika menyambut umpan Lilipaly masih melayang tipis di atas mistar.

Persija memberikan respons terhadap ancaman Bali United tersebut selang lima menit kemudian. Riko yang tidak bisa bergerak leluasa mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tapi menyamping di sisi kiri gawang.

Selepas itu, Bali United mulai menurunkan tempo permainan dengan menunggu di area pertahanan mereka. Walau begitu, Bali United sempat mendapatkan peluang emas di menit ke-89. Namun tendangan Lerby Eliandry menyambut umpan Bessa masih bisa ditepis Andritany.

Menjelang laga berakhir, Persija memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan setelah wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran Dias Angga Putra kepada Taufik Hidayat. Namun, Marko Simic gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Bola tendangan Simic berhasil diblok Nadeo, sehingga skor 1-0 untuk Bali United bertahan hingga laga usai. (Goal/OL-15)

 

BERITA TERKAIT