25 November 2021, 11:02 WIB

MU Disebut Sudah Hubungi Valverde Sebagai Calon Pelatih Baru


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

KLUB besar Liga Primer Inggris Manchester United dilaporkan telah menghubungi Ernesto Valverde sebagai calon pelatih anyar Setan Merah seusai memecat Ole Gunnar Solskjaer, beberapa waktu lalu.

Dikutip dari jurnalis asal Italia Fabrizio Romano melalui akun Twitternya @FabrizioRomano, Rabu (24/11), Manchester United sudah melakukan kontak langsung dengan Ernesto Valverde pada Selasa (23/11).

Romano menjelaskan, hingga kini, belum ada keputusan yang diambil. Valverde menjadi satu kandidat pelatih anyar Manchester United jika Mauricio Pochettino tidak bisa meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG).

Baca juga: Norwich Umumkan Logo Baru untuk Digunakan Mulai Musim Depan

Meskipun begitu, Valverde hanya akan menjadi pelatih sementara Manchester United jika pada akhirnya gagal mendapatkan pelatih permanen seperti Mauricio Pochettino atau Brendan Rodgers.

"Direksi Manchester United sudah melakukan kontak langsung dengan mantan manajer Barca Ernesto Valverde hari ini. Belum ada keputusan yang dibuat. Dia adalah satu di antara lima kandidat yang ada di daftar jika Mauricio Pochettino tidak diperbolehkan meninggalkan Paris Saint-Germain," cicit Romano.

"Lebih jelasnya, Ernesto Valverde hanya akan dianggap sebagai opsi sementara, jika Manchester United tidak dapat menunjuk manajer permanen saat ini seperti Pochettino atau Rodgers," sambungnya.   

Manchester United diketahui berkeinginan untuk mendatangkan Mauricio Pochettino untuk mengisi posisi pelatih kepala yang ditinggalkan Solskjaer, yang dipecat usai MU kalah dari Watford, akhir pekan lalu.

Dilaporkan keinginan Manchester United itu terganjal oleh kontrak yang dimiliki Pochettino dengan Paris Saint-Germain yang masih memiliki durasi hingga Juni 2023 mendatang.

Manchester United selanjutnya mempertimbangkan mendatangkan Valverde sebagai pelatih sementara hingga akhir musim mendatang jika tidak bisa menunjuk pelatih tetap dalam waktu dekat.

Diketahui Valverde, hingga kini, tidak belum pernah melatih klub mana pun setelah dipecat Barcelona ketika berada di puncak klasemen sementara La Liga musim 2019/2020 pada Januari 2020 yang lalu.

Pelatih berusia 57 tahun itu sejauh ini berhasil mengantarkan Barcelona meraih dua gelar La Liga dan satu Copa del Rey sepanjang dua setengah tahun menukangi Blaugrana.

Selain pernah melatih Barcelona, Valverde juga tercatat pernah melatih Athletic Bilbao, Villarreal, Valencia, Espanyol, dan Olympiakos. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT