25 November 2021, 12:30 WIB

Guardiola Puji Performa Pemain City Kontra PSG


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANAJER Manchester City Pep Guardiola mengapresiasi permainan timnya yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions usai engalahkan tim bertabur bintang, Paris Saint-Germain (PSG), 2-1, Kamis (25/11) dini hari WIB.

Tim asuhan Guardiola itu unggul empat poin atas PSG, yang menduduki peringkat kedua klasemen Grup A.

Meskipun kalah dari Man City, PSG tetap melaju ke babak 16 besar Liga Champions dengan status runner-up grup.

Baca juga: Manchester City Sukses Kalahkan PSG

PSG menghuni peringkat kedua dengan mengoleksi delapan poin, unggul empat angka atas RB Leipzig dan Club Brugge, yang tertahan di posisi ketiga dan keempat klasemen Grup A.

"PSG adalah tim yang hebat dengan pemain-pemain yang luar biasa. Apa yang bisa saya katakan?” kata Guardiola.

"Hari ini, kami menciptakan lebih banyak peluang di babak pertama. Mereka memutuskan tidak bermain dengan Di Maria, tetapi mereka sangat berbahaya. Mereka memiliki pemain bagus sehingga Anda bisa kalah dalam pertandingan seperti ini. Dengan kualitas yang mereka miliki, kami melakukannya dengan sangat baik," lanjutnya.

Manchester City tampil mendominasi sejak menit awal pertandingan. Sementara PSG tampil sabar dengan mengandalkan serangan balik. Tekanan City dengan sejumlah percobaan ke gawang PSG belum berujung gol pada paruh pertama. Skor 0-0 tidak berubah.

Di babak kedua, PSG justru mampu mencuri gol dan unggul lebih dulu lewat sepakan jarak dekat Kylian Mbappe setelah menerima operan Lionel Messi pada menit ke-50.

Tersentak, Man City kembali menggencarkan serangan. Hasilnya, Raheem Sterling mampu menyelesaikan kerja sama apik timnya untuk enyamakan skor pada menit ke-63.

Pada menit ke-76, Gabriel Jesus menghukum kelengahan lini defensif lawan sekaligus memastikan kemenangan The Citizens dengan meneruskan kolaborasi Riyad Mahrez dan Bernardo Silva.

Menurut Guardiola, timnya bermain agresif tanpa bola dan lini pertahanan begitu solid meski sempat kebobolan satu gol.

"Kami mencoba bertahan dari gawang kami karena mereka bisa melakukan apa saja. Kecuali lima menit setelah gol kami ketika mereka melakukan serangan balik tetapi tidak bisa diselesaikan karena Ruben bertahan dengan sangat baik, jadi saya mengucapkan selamat kepada semua orang di klub kami," jelasnya.

Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu berharap para pemainnya bisa mempertahankan penampilan di lapangan. 

"Kami masuk ke babak 16 besar dan akan mencoba yang terbaik pada bulan Februari untuk pergi ke perempat final," ujarnya.

Pelatih PSG Mauricio Pochettino mengaku kecewa dengan hasil itu. Namun, tiket ke babak 16 besar Liga Champions musim ini cukup menjadi pelipur kekecewaan Pochettino.

"Ya, saya kecewa. Namun, pada saat yang sama, di babak pertama, Man City bermain dengan baik dan mereka menekan kami untuk bermain lebih dalam," kata Pochettino.

"Man City mengubah permainan dan kami kebobolan dua gol. Anda harus memberi kredit kepada Man City, mereka adalah tim yang sangat bagus. Yang terpenting adalah lolos. Kami mengalahkan Man City di Parc de Princes, lalu kami kalah di sini (Etihad)," lanjutnya. (Dailymail/BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT