25 November 2021, 12:15 WIB

Conceicao Optimistis Porto Bisa Lolos ke 16 Besar Liga Champions


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PELATIH FC Porto Sergio Conceicao yakin timnya akan lolos ke babak 16 besar Liga Champions meski harus kalah 0-2 dari Liverpool di Stadion Anfield, Kamis (25/11) dini hari WIB.

Di Grup B, Liverpool, yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan poin 15, semakin kokoh di puncak klasemen. Persaingan sengit terjadi di perebutan satu tiket tersisa.

FC Porto, yang berada di urutan kedua dengan poin 5, dibuntuti AC Milan dan Atletico Madrid yang berada di bawahnya dengan selisih hanya satu poin.

Baca juga: Kalahkan Porto, Liverpool Pertahankan Rekor Sempurna di Liga Champions 

"Saya selalu mengatakan grup akan ditentukan di pertandingan terakhir dan kami masih bisa mencapai babak 16 besar. Kami tidak cukup efisien malam ini," kata Sergio.

Ia mengakui, The Reds pada pertandingan itu memiliki keunggulan kualitas individu. 

“Kami mungkin tampil lebih baik di babak pertama, kami menciptakan tiga atau empat peluang dan secara defensif kami disiplin. Tapi kemudian kualitas individu pemain Liverpool dan kurangnya efektivitas ofensif kami membuat perbedaan,” jelasnya.

Di laga itu, manajer Liverpool Juergen Klopp melakukan perubahan besar-besaran pada tim intinya. Takumi Minamino dimainkan di depan dan juga memberi kesempatan talenta muda Tyler Morton melakoni debut di Liga Champions. Morton, yang baru berusia 19 tahun, diberikan kesempatan bermain penuh selama 90 menit.

Hasilnya, pada menit ke-52, Thiago Alcantara membuka keunggulan tuan rumah lewat sambarannya atas bola muntah hasil sapuan Chancel Mbemba atas tendangan bebas Alex Oxlade-Chamberlain.

Keunggulan Liverpool diperbesar lewat gol Mohamed Salah di menit ke-70 meneruskan umpan Jordan Henderson.

Thiago terpilih sebagai pemain terbaik dalam pertandingan ini. Ia menjadi motor di lini tengah tuan rumah, sebelum ditarik pada menit ke-63.

"Selalu istimewa untuk membantu tim, dan selalu istimewa untuk mencetak gol di stadion ini," kata gelandang berkebangsaan Spanyol itu. (UEFA/OL-1)

BERITA TERKAIT