25 November 2021, 09:25 WIB

Penantian 10 Tahun, Inter Akhirnya Lolos 16 Besar Liga Champions


Akmal Fauzi | Sepak Bola

INTER Milan menunggu selama 10 tahun untuk bisa lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Capaian itu didapatkan usai mengalahkan Shakhtar Donetsk pada pertandingan kelima Liga Champions lewat skor 2-0, Kamis (25/11) dini hari WIB.

Meski kalah penguasaan bola, Inter tampil agresif dengan membuat 21 attempts, sembilan di antaranya mengarah ke gawang.

Dua gol kemenangan Nerazzurri dibukukan brace Edin Dzeko. Dengan tambahan tiga poin tersebut, Inter Milan dipastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Saat ini anak asuh Simone Inzaghi duduk di tangga kedua Grup D lewat raihan 10 poin. Kekalahan Sheriff atas Real Madrid 0-3 memastikan poin mereka yang selisih empat angka tak mungkin terkejar lagi oleh Sheriff di posisi ketiga mengingat laga di fase grup hanya menyisakan satu pertandingan lagi.

Terakhir Inter lolos babak 16 besar pada musim 2011/2012, sebelum disingkirkan Marseille. Setelah itu Inter sempat absen lama di kompetisi tersebut sebelum tampil lagi pada 2018/2019. Sayangnya dalam empat kesempatan terakhir, Inter Milan selalu gagal, termasuk saat jadi juru kunci musim lalu bersama Antonio Conte.

Pelatih Inter, Simone Inzaghi mengaku puas dengan pencapaian ini. “Gol pembuka Edin Dzeko seperti mengangkat beban kami, setelah membuat begitu banyak peluang," ujar Simone Inzaghi.

"Lolos ke 16 besar akan jadi pencapaian hebat tentunya, seperti yang saya bilang saat diumumkan sebagai pelatih Inter. Saya katakan saat teken kontrak, bahwa ini adalah misi kami, sesuatu yang tak dilakukan Inter selama lebih dari 10 tahun," lanjutnya. (Footballitalia/OL-13)

Baca Juga: Hanya Bertugas Tiga Bulan, Advocaat Mundur dari Timnas Irak

BERITA TERKAIT