24 November 2021, 21:31 WIB

Cukur Persita, Persebaya Naik Ke Posisi Empat


Widhoroso | Sepak Bola

PERSEBAYA Surabaya melanjutkan catatan positif setelah mengalahkan Persita Tangerang dengan skor telak 4-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/11) malam WIB pada pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2021/22.

Hasil itu membuat Persebaya naik dua tingkat ke posisi empat klasemen sementara dengan mengumpulkan poin 23 menggusur PSIS Semarang dan Bali United. Meski mengoleksi poin sama dengan PSIS, Persebaya ungguln selisih gol. Sedangkan Persita gagal menggeser Persebaya dan tetap berada di posisi kedelapan dengan 19 poin.

Persebaya dan Persita menerapkan permainan terbuka sejak peluit kick off ditiupkan wasit. Persebaya yang ingin melanjutkan tren positif di enam laga sebelumnya, mengambil inisiatif menyerang terlebih dulu.

Hasilnya, Persebaya membuka keunggulan ketika laga baru berjalan tiga menit. Aksi Marselino Ferdinan menggiring bola ke depan kotak penalti diakhiri dengan umpan kepada Taisei Marukawa. Pemain asal Jepang ini melengkungkan arah bola yang membuat kiper Try Hamdani Goentoro terperdaya.

Persita memberikan respons setelah tertinggal satu gol untuk menyamakan kedudukan. Mohammad Toha yang naik membantu serangan melepaskan tendangan keras, tapi melayang di atas gawang.

Selang dua menit kemudian, Persebaya nyaris menggandakan keunggulan. Marselino memanfaatkan bola liar hasil sepak pojok dengan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi menghajar mistar gawang.

Persita sebetulnya mampu menjebol gawang Persebaya pada menit ke-25. Namun Harisson Cardoso dianggap berada dalam posisi off-side ketika ia menerima umpan terobosan dari tengah. Skor 1-0 untuk Persebaya ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pertarungan antara Persebaya dan Persita tetap berlangsung menarik di babak kedua. Mereka melakukan serangan silih berganti untuk mengubah papan skor. Namun tidak ada ancaman serius yang diberikan kedua tim.

Persebaya akhirnya berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-68. Bajul Ijo melakukan serangan balik cepat ketika Jose Wilkson melepaskan umpan panjang dari sektor pertahanan. Bruno Moreira menyambut umpan itu, dan menggiring bola ke dalam kotak penalti, serta menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang.

Tim besutan Aji Santoso makin mendominasi permainan, dan sukses memperlebar keunggulan di menit ke-74 melalui eksekusi penalti Marukawa. Hadiah penalti diberikan wasit akibat pelanggaran Syaeful Anwar terhadap Wilkson.

Unggul tiga gol masih belum memuaskan bagi Persebaya. Mereka makin memperlebar selisih gol di menit ke-80 setelah pemain pengganti Samsul Arif memanfaatkan kesalahan pemain belakang Persita dalam memberi umpan, sehingga dapat memotong jalur bola. Samsul selanjutnya menggiring bola ke dalam kotak, dan menaklikkan Try Hamdani.

Persita masih mencoba memperkecil ketertinggalan di waktu tersisa. Dua menit menjelang laga berakhir, Persita memperoleh peluang, tapi sundulan Raphael Maitimo dapat ditepis kiper pengganti Andhika Ramadhani. (Goal/OL-15)

 

BERITA TERKAIT