24 November 2021, 20:46 WIB

Todd Ferre Dihukum Tidak Boleh Bermain Setahun, Ini Alasan PSSI


Widhoroso | Sepak Bola

KOMITE Disiplin (Komdis) PSDSI menjatuhkan sanksi berat bagi Todd Rivaldo Ferre. Pemain Persipura Jayapura itu dilarang tampil di lapangan hijau selama 12 bulan.

Ketua Komdis PSSI Erwin Tobing menyebut ada alasan kuat sehingga Todd Ferre mendapat hukuman berat. Satu diantaranya adalah tindakan yang dilakukan pesepakbola berusia 22 tahun tersebut adalah melakukan kontak fisik terhadap pengadil lapangan. Tindakan itu dilakukan Todd Ferre pada laga Persipura kontra Bali United, 5 November lalu.

Ketika itu, Todd Ferre melakukan protes berlebihan kepada wasit Sigit Budiyanto. Mantan pemain Lampang FC tersebut akhirnya menerima kartu merah. Ia juga melontarkan kata-kata kasar kepada pengadil lapangan, melakukan pemukulan, dan mengejar hingga lorong stadion.

Todd Ferre, melakukan protes karena merasa kecewa wasit mengesahkan gol Ricky Fajrin. Padahal, tambahan waktu yang diberikan pada laga Persipura kontra Bali United, cuma empat menit.

Tindakan tidak terpuji yang dilakukan Todd Ferre, dilaporkan pengawas pertandingan Chalid Abubakar, kepada Komdis PSSI. Dari situlah Komdis PSSI mengeluarkan hukuman untuk pemain kelahiran Jayapura tersebut.

"Itu sudah disidang pada 17 November. Sudah kita putuskan Todd Rivaldo Ferre melakukan suatu tindakan yang tidak fair play," kata Erwin.

Ia menyatakan hukuman yang dijatuhkan Komdis untuk Todd Ferre dengan ketentuan yang berlaku. Ia pun memastikan pihaknya selalu beracuan dengan peraturan yang dibuat dalam menmberikan sanksi.

"Protes boleh-boleh saja. Memang tidak semua wasit itu bagus, tidak semuanya mungkin bagus. Itu yang harus diikuti. Jangan main pukul. Kita akan tindak tegas sesuai pasal 50 ayat 1 poin B," ucapnya. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT