23 November 2021, 04:45 WIB

FIFA Umumkan Kandidat Pemain Terbaik


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

ROBERT Lewandowski berpeluang meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA setelah namanya masuk dalam daftar 11 nominasi yang diumumkan FIFA, Senin (22/11).

Langganan peraih gelar pemain terbaik Cristiano Ronaldo dan Lionel Mess juga masuk nomonasi. Begitu juga dengan Karim Benzema, Jorginho, Neymar, Mohamed Salah, dan Kylian Mbappe.

Erling Haaland, N'Golo Kante, dan Kevin De Bruyne melengkapi daftar kandidat untuk penghargaan yang mulai dibagikan pada 2017 itu.

Baca juga: Pedri Sabet Penghargaan Golden Boy

Sementara itu, empat pemain Barcelona masuk dalam daftar kandidat untuk pemain putri terbaik. Mereka adalah Alexia Putellas, Jennifer Hermoso, Aitana Bonmati, dan Caroline Graham Hansen.

Chelsea, yang dikalahkan Barcelona di final Liga Champions Putri musim lalu, juga mewiliki empat wakil di daftar kandidat yaitu Sam Kerr, Ji So-yun, Magdalena Eriksson, dan Pernille Harder.

Lucy Bronze, pemain terbaik putri taun lalu, juga masuk nominasi bersama rekan setimnya di timnas Inggris Ellen White.

Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 asal Kanada Christine Sinclair juga masuk nomunasi bersama pemain Swedia Stina Blackstenius.

Untuk kategori pelatih, Thomas Tuchel berada di urutan terdepan setelah mengantarkan Chelsea menjadi juara Liga Champions. Namun, dia akan menghadapi perlawanan kuat dari Roberto Mancini, yang sukses membawa timnas Italia menjadi juara Piala Eropa.

Pelatih lain yang masuk nominasi adalah Hansi Flick, Pep Guardiola, Antonio Conte, Diego Simeone, dan pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni.

Penghargaan pemain terbaik ditentukan lewat voting oleh kapten dan pelatih timnas seluruh dunia serta voting daring oleh penggemar dan sejumlah wartawan terpilih.

Proses voting akan dimulai pada 22 November hingga 10 Desember mendatang.

Tiga finalis dari masing-masing kategori akan diumumkan pada awal Januari dan upacara penghargaannya akan digelar secara daring dari markas besar FIFA pada 17 Januari.

Adapun penghargaan Ballon d'Or akan digelar di Paris pada 29 November. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT