21 November 2021, 00:35 WIB

Thailand Tidak Boleh Kibarkan Bendera Negara Pada Piala AFF


Widhoroso | Sepak Bola

THAILAND dipastikan tidak bisa mengibarkan bendera mereka saat lagu kebangsaan dikumandangkan dalam pertandingan Piala AFF 2020. Hal ini terjadik akibat Thailand tidak mampu memenuhi persyaratan yang diterapkan agensi anti-doping dunia (WADA).

Nasib Thailand ini tidak jauh berbeda dengan tim bulutangkis Indonesia ketika menjuarai Piala Thomas 2020 di Denmark beberapa waktu lalu. Saat itu, bendera Indonesia diganti logo Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) saat lagu kebangsaan dikumandangkan.

Selain tak bisa mengibarkan bendera negara di event yang diikuti The War Elephants, Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) juga tak diizinkan menggelar pertandingan sepak bola internasional.

Kepastian itu disampaikan konfederasi sepakbola Asia (AFC) kepada FAT melalui surat resminya. Meski dilarang menggelar pertandingan, timnas Thailand masih diperbolehkan mengikuti event di luar negeri.

"Asosiasi hanya diizinkan menggelar satu pertandingan. Tetapi mereka diperbolehkan mengirim tim nasional dan klub anggotanya untuk ambil bagian di berbagai kompetisi di luar negeri," demikian pernyataan AFC dilansir akun Facebook resmi FAT.

"Asosiasi tidak dapat menyelenggarakan kompetisi internasional apapun di Thailand, baik melibatkan klub maupun tim nasional. Ini termasuk penyelenggaraan turnamen dalam 'sistem terpusat', ata  kompetisi yang merupakan bagian dari turnamen, seperti ajang kualifikasi yang diadakan secara 'terpusat'," tambah pernyataan tersebut.

"Bendera Thailand juga tidak dapat dikibarkan, baik di kompetisi dalam negeri maupun di luar negeri. Namun, bendera Thailand diperbolehkan dipasang di jersey tim di sebuah kompetisi," jelas pernyataan itu.

Pada Piala AFF di Singapura awal bulan depan, Thailand masuk ke dalam Grup A bersama Myanmar, Filipina, Singapura, dan Timor Leste. Mereka dijadwalkan bertolak ke Singapura pada 30 November. (Goal/OL-15)

 

BERITA TERKAIT