20 November 2021, 23:29 WIB

Gol Simic Bawa Persija Bekap Persib


Widhoroso |

MARKO Simic menjadi bintang Persija Jakarta saat menghadapi Persib Bandung dalam laga El Classico di Stadion Manahan Solo, Sabtu (20/11) malam WIB, pada laga pekan ke-12 Liga 1 2021/2022. Gol Simic mengantar Persija meraih kemenangan 1-0.

Hasil itu membuat catatan sempurna Persib di Seri 2 kandas dan gagal mendekati Bhayangkara FC di klasemen sementara. Persib tetap berada di peringkat dua dengan nilai 25, terpaut tiga angka dari Bhayangkara FC. Sedangkan Persija naik ke peringkat delapan setelah mengumpulkan 18 poin.

Pertandingan Persib dan Persija sudah berlangsung sengit sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Tetapi, Persib terlebih dulu mengambil inisiatif menekan pertahanan Persija.

Ancaman sudah diberikan Persib ketika laga belum berjalan satu menit. Tendangan bebas mantan penggawa Persija, Marc Klok, mengarah langsung ke gawang, namun dapat digagalkan kiper Andritany Ardhiyasa.

Tekanan bertubi-tubi yang dilancarkan Persib tidak membuat barisan belakang Persija panik. Perlahan-lahan mereka mulai mengimbangi agresivitas Persib, sehingga jual-beli serangan mewarnai duel di antara kedua tim.

Persib kembali mendapatkan peluang untuk membuka keunggulan di menit ke-26. Menerima umpan sundulan Muhammad Rashid, Geoffrey Castillion melepaskan tendangan di dalam kotak penalti, tapi melayang di atas mistar.

Persija akhirnya berhasil membuka keunggulan menjelang babak pertama berakhir. Umpan Riko Simanjuntak yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Persib melepaskan umpan ke tiang jauh yang disambar kepala Marko Simic untuk menjebol gawang Teja Paku Alam.

Persib yang tertinggal satu gol langsung menggebrak pertahanan Persija ketika babak kedua dimulai. Sementara Persija terkesan lebih menunggu sambil mencari celah di pertahanan lawan.

Maung Bandung tidak mengendurkan tekanan mereka di awal babak kedua ini. Mereka mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan di menit ke-54. Namun tendangan Febri Hariyadi berhasil diblok Andritany.

Persija memberikan respons terhadap serangan Persib. Macan Kemayoran memberikan ancaman selang empat menit kemudian. Umpan Marco Motta dari sisi kiri pertahanan Persib disambut sundulan Osvaldo Haay di depan gawang yang melenceng di sisi kanan.

Selepas itu, Andritany harus jatuh bangun mengawal gawangnya agar tidak kebobolan. Penyelamatan dilakukan Andritany ketika meninju tendangan keras Beckham Putra Nugraha di menit ke-61.

Kiper Persija ini kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-73. Henhen Herdiana melepaskan umpan dari sisi kiri pertahanan Persija, tapi sundulan Wander Luiz ditepis kiper.

Menjelang pertandingan berakhir, kaki Andritany menyelamatkan gawang Persija dari kebobolan untuk membendung tendangan Beckham, sehingga tim ibukota ini memetik kemenangan 1-0 sekaligus menghentikan catatan tak terkalahkan Persib. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT