17 November 2021, 10:00 WIB

Southgate Janji Inggris akan Pelajari Masalah HAM Qatar


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

GARETH Southgate mengatakan timnas Inggris akan mendidik diri mereka sebelum memutuskan akan memprotes masalah HAM Qatar atau tidak setelah the Three Lions memastikan tiket ke Piala Dunia.

Timnas Inggris memastikan tiket ke Piala Dunia 2022 setelah menang telak 10-0 atas San Marino di laga pamungkas Grup I penyisihan Piala Dunia, Selasa (16/11).

Catatan HAM Qatar dikritik oleh Amnesty International terkait perlakuan mereka terhadap pekerja migran yang membantu pembangunan infrastruktur Piala Dunia, ternasuk stadion.

Baca juga: Prancis Kalahkan Finlandia, Ukraina Raih Keuntungan

Timnas Belanda, Norwegia, dan Jerman telah melakukan demonstrasi sebelum perhelatan Piala Dunia dan Inggris tengah mempertimbangkan apakah akan melakukan hal yang serupa.

Bek Inggris Conor Coady, pekan ini, mengatakan timnas Inggris akan merundingkan bagaimana cara mengekspresikan keresahan mereka menganai catatan HAM Qatar setelah mereka lolos ke Piala Dunia.

Berbicara selepas laga melawan San Marino, Southgate mengatakan dirinta dan timnya akan mempelajari masalah kompleks seputar catatan HAM Qatar.

"Kami akan pergi membela negara kami di tanah asing. Karenanya, kami harus 100% yakin mengenai fakta yang sebenarnya," ujar Southgate.

"Hal itu tidak mudah karena sulit membedakan apa yang sedang terjadi dan apa yang pernah terjadi. Kami memiliki kewajiban mewakili negara kami dengan baik."

"Ada perbedaan budaya yang besar antara kedua negara. Ini adalah masalah yang kompleks namun kami akan mempelarai hal itu dan kemudian memutuskan apa yang akan kami lakukan," imbuhnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT