15 November 2021, 13:01 WIB

Spanyol Lolos ke Piala Dunia, Enrique Lega


Basuki Eka Purnama |

PELATIH timnas Spanyol Luis Enrique mengaku merasa lega setelah timnya sukses memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Swedia dengan skor tipis 1-0, Senin (15/11) dini hari WIB.

"Saya telah menghilangkan beban berat dari pundak saya," ujar Enrique dikutip dari football-espana, Senin (15/11).

Mantan pelatih Barcelona itu menjelaskan dirinya lebih merasakan banyak tekanan pada ajang kualifikasi Piala Dunia dibanding kejuaraan lain.

Baca juga: Morata Antar Spanyol Raih Tiket ke Piala Dunia 2022

Enrique mengaku tekanan yang ia rasakan saat ini lebih besar dibanding ketika timnas Spanyol berlaga di Piala Eropa atau empat besar dari Liga Negara UEFA yang lalu.

"Saya membawa ransel seberat 100 kg. Saya lebih merasakan tekanan di tahap kualifikasi ini dibanding di Piala Eropa atau empat besar Liga Negara," ungkap Enrique kepada Mundo Deportivo.

Selanjutnya, Enrique akan berusaha meletakkan fokus untuk bisa mengantarkan Spanyol menjadi juara Piala Dunia. Dirinya menyadari jika ia gagal mempersembahkan kemenangan, dirinya akan mendapatkan kritikan.

"Saya fokus untuk meraih Piala Dunia dan saya tahu bahwa jika seorang pelatih tidak menang, dia akan menerima kritikan," terang Enrique.

Spanyol memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Swedia dengan skor tipis 1-0 berkat gol yang dicetak Alvaro Morata.

Hasil itu membuat Spanyol mengakhiri babak kualifikasi sebagai juara Grup B di atas Swedia dengan raihan total 19 poin dari 8 pertandingan. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT