15 November 2021, 11:30 WIB

Fernando Santos Optimistis Portugal akan Lolos ke Qatar


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PELATIH timnas Portugal Fernando Santos bertanggung jawab atas hasil buruk timnya yang kalah 1-2 dari Serbia di laga penentu Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Senin (15/11) dini hari WIB. 

Selecao das Quinas--julukan Portugal--terpaksa harus melakoni babak playoff karena hanya finis di peringkat kedua fase grup.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan nantinya akan memperebutkan sisa tiga tiket putaran final Piala Dunia 2022, Maret tahun depan.

"Para pemain sudah mencoba, tapi kami tidak menghidupkan permainan," kata Santos.

"Kami bermain dengan rasa takut dan cemas. Ini tanggung jawab saya," ucapnya.

Baca juga: Kalahkan Portugal, Serbia Lolos ke Piala Dunia

Portugal awalnya tampil penuh percaya diri, terlebih ketika Renato Sanches mencetak gol cepat saat pertandingan baru berjalan dua menit. 

Akan tetapi, bintang Ajax Dusan Tadic menyamakan kedudukan sebelum turun minum dan pertandingan berjalan sengit hingga jelang bubaran. 

Di menit 90, pemain pengganti Aleksandar Mitrovic menyambut umpan silang Tadic dengan kepala dan mengarahkan bola ke sudut.

Santos mengakui penampilan skuat asuhannya tidak berkembang melawan Serbia. Ditambaah, Santos melihat mereka banyak membuang peluang serta lebih banyak mendapat tekanan.

"Kami selalu menemui kesulitan. Ketika mendapatkan bola, kami malah membuang peluang. Ketika kami mulai menyerang, kami selalu dapat menciptakan ancaman untuk lawan. Namun, kami tidak mampu melakukannya,” jelas Santos.

Santos berjanji akan menebus kekalahan itu dengan memenangi babak play-off untuk mendapat satu tiket ke Qatar.

"Kami tahu kami tidak melakukan apa yang seharusnya kami lakukan, tetapi kami akan berada di sana," kata Santos.

Sementara itu, Serbia memang tampil spartan di laga yang digelar di Estadio da Luz. Kemenangan ini terasa amat dramatis bagi Serbia. Pasalnya, mereka berhak lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

"Kami pantas menang malam ini karena para pemain menunjukkan begitu banyak karakter. Ini adalah pencapaian besar untuk sepak bola Serbia," kata pelatih Serbia, Dragan Stojkovic.

"Tim ini menunjukkan kedewasaan dan ketenangan di bawah tekanan kuat dan saya akan mengatakan hal yang sama jika tetap 1-1," jelasnya.

Kekalahan dari Serbia membuat Portugal harus menunggu hingga Maret tahun depan untuk mengetahui nasib mereka di Piala Dunia.

Mereka akan bergabung dengan sembilan runner-up grup lainnya bersama dua tim dengan peringkat tertinggi di Liga Negara UEFA, yang belum lolos ke Piala Dunia.

Ke-12 tim itu kemudian akan ditarik ke dalam tiga jalur playoff untuk semifinal dan final, dengan hanya tiga negara tersisa dari Eropa yang bakal lolos ke Qatar. (Goal/Espn/OL-1)

BERITA TERKAIT