12 November 2021, 13:07 WIB

Brasil Sempurna Lolos ke Piala Dunia


Akmal Fauzi | Sepak Bola

TIM nasional Brasil kembali meraih tiga poin maksimal pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol, melawan Kolombia 1-0, Jumat (12/11) pagi WIB, di Corinthians Arena. Kemenangan ini menegaskan langkah Brasil untuk lolos ke Piala Dunia Qatar tahun depan.

Baca juga: Shin Tae-yong: Akan Ada Pemain Tambahan untuk Piala AFF 2020

Tembakan naluriah Lucas Paqueta memberi Brasil kemenangan sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan Tim Samba. 

Brasil telah menghasilkan kampanye kualifikasi yang hampir sempurna. Tim Samba memenangkan 11 dari 12 pertandingan. Satu-satunya hasil imbang tanpa gol melawan Kolombia bulan lalu.

Juara dunia lima kali itu bergabung dengan tuan rumah serta tim Eropa Jerman dan Denmark yang sudah memesan tiket untuk putaran final tahun depan.

"Ini adalah buah dari pekerjaan yang telah kami bangun selama beberapa waktu," kata Lucas Paqueta.

"Sekarang saya harus terus bekerja keras untuk menemukan ruang saya" di skuad Piala Dunia," tambahnya.

Brasil sempat kerepotan karena Kolombia memiliki permainan lebih baik di babak pertama. Tetapi pergantian taktik menyerang dari pelatih Tite di babak pertama membayar dividen saat Selecao--julukan Brasil--mendominasi setelah istirahat.

Kekalahan Kolombia membuat mereka tersingkir dari empat posisi kualifikasi otomatis di grup tunggal Amerika Selatan saat Chili menyusul mereka setelah kemenangan ketiga berturut-turut, 1-0 tandang ke Paraguay

Sudah meraih 34 poin, Brasil unggul 18 angka dari Kolombia yang berada di posisi ke-5 klasemen sementara. Los Cafeteros tak akan bisa menyusul perolehan poin Selecao karena hanya punya 5 laga sisa. 

Kepastian tersebut juga membuat Brasil meneruskan tradisi tampil di Piala Dunia. Sejak kali pertama digelar pada 1930, Selecao adalah satu-satunya tim yang selalu berpartisipasi. Mereka unggul atas Jerman yang sempat 2 kali tak ambil bagian, yaitu pada 1930 dan 1950.

Di Piala Dunia, Brasil juga masih jadi yang tersukses. Selecao adalah peraih gelar terbanyak. Mereka menjadi kampiun pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Koleksi gelar mereka masih di atas Italia dan Jerman yang sama-sama juara sebanyak 4 kali.

Dalam format kualifikasi yang digunakan, inilah kali pertama mereka lolos ke putaran final Piala Dunia dengan 6 laga tersisa.

Selecao juga kini berpeluang mematahkan rekor poin terbanyak di Kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol. Pada 2002, timnas Argentina lolos ke Korsel/Jepang dengan raihan 43 poin. Ketika itu, La Albiceleste unggul 13 poin dari Selecao yang finis di posisi kedua.

Peluang Brasil menyamai atau bahkan mematahkan rekor itu sangat terbuka karena sudah mengemas 34 poin. Artinya, mereka hanya perlu 10 poin dari 6 pertandingan sisa. (Mal/AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT