04 November 2021, 10:35 WIB

Jalan Terjal AC Milan Bertahan di Liga Champions Musim Ini


Akmal Fauzi |

AC Milan masih belum mampu keluar dari paceklik kemenangan di Liga Champions musim ini. Rossoneri menjalani tiga laga pembuka Grup B mereka dengan catatan tiga kekalahan beruntun dan ada harapan untuk meraih hasil positif perdana ketika menjamu Porto di San Siro, Kamis (4/11) dini hari WIB.

Namun yang terjadi sebaliknya, Milan kembali gagal meraih kemenangan setelah dipaksa bermain imbang 1-1 oleh klub raksasa Portugal.

Bek AC Milan, Alessio Romagnoli tetap yakin mereka masih bisa lolos dari fase grup Liga Champions. Secara matematis, Peluang klub Serie A Italia masih terbuka dengan babak penyisihan grup menyisakan dua pertandingan lagi, meski terbilang sangat sulit.

AC Milan terdampar di dasar klasemen Grup B dengan satu poin, terpaut empat angka dengan Porto, yang ada di urutan kedua. Sementara itu, Liverpool (12 poin) sudah dipastikan lolos ke fase knock-out menyusul kemenangan 2-0 atas Atletico Madrid.

"Ini mengecewakan karena kami sudah memberikan tembakan terbaik kami. Kami menciptakan banyak peluang di babak kedua dan menyadari Liga Champions sulit, tapi performa kami secara umum dalam empat pertandingan lebih bernilai dari hanya satu poin," kata Romagnoli

"Kami akan tetap yakin selama kemungkinan lolos masih ada. Itu semua tergantung pada kami, meski kami membutuhkan hasil lain untuk berjalan sesuai dengan keinginan kami," ujarnya.

Di dua pertandingan berikutnya di Liga Champions, AC Milan akan tandang ke Atletico Madrid dan kemudian menjamu Liverpool.

Olivier Giroud, penyerang Milan menilai pengalaman tidak akan berbohong ketika tampil di Liga Champions. Hasil ini merupakan cermin kepolosan mereka. Para pemain muda belum siap menghadapi tekanan besar kompetisi terbesar Eropa itu.

Baca Juga: Cukur Besiktas, Sporting Jaga Peluang Lolos ke 16 Besar Liga Champions

"Sangat berat untuk menghadapi tim yang terbiasa di Liga Champions, seperti Porto atau Atletico dan Chelsea. Pengalaman sangat penting. Kami adalah tim muda,” kata Giroud yang musim lalu menjuarai Liga Champions bersama Chelsea.

Milan baru merasakan atmosfer Liga Champions pada musim ini setelah absen sekitar tujuh musim. Adapun mereka datang dengan pemain-pemain muda di kompetisi tertinggi Eropa seperti trio lini tengah Brahim Diaz (22), Sandro Tonali (21), dan Ismael Bennacer (23).

Pelatih Milan, Stefano Pioli menyebut seharusnya yang diasuhnya dapat bermain lebih baik. Namun justru malah tampil di bawah tekanan dan kebobolan di awal laga.

"Jika lawan menekan, kami harusnya bisa mencari celah. Kami kurang presisi. Sayang, kami harus menampilkan level permainan yang tinggi di level Eropa dan kami tak bisa berbuat cukup,” ujarnya.

Pioli pun sadar jika satu-satunya harapan Milan untuk lolos adalah dengan memenangkan dua laga tersisa.

“Untuk mendapatkannya, kami harus memenangkan pertandingan. Porto mendapat hasil bagus di lima laga tandangnya. Musim lalu mereka juga menyingkirkan Juventus dari Liga Champions. Kami harus lebih konsisten,” kata Pioli. (Goal/Footballitalia/UEFA/OL-13)

BERITA TERKAIT