01 November 2021, 11:16 WIB

Pioli Puji Konsistensi AC Milan Musim ini


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PELATIH AC Milan Stefano Pioli memuji perkembangan timnya setelah mengalahkan AS Roma 2-1, Senin (1/11) dini hari WIB. Kemenangan itu menambah keyakinan dan kepercayaan diri timnya untuk memburu Scudetto, musim ini.

Bertandang ke Stadion Olimpico, Rossoneri –julukan AC Milan- berhasil unggul dua gol lebih dulu. Zlatan Ibrahimovic membuka skor dengan tendangan bebasnya pada menit 25, diikuti gol dari titik putih yang dicetak Franck Kessie, saat babak kedua berjalan 12 menit.

AS Roma baru bisa memperkecil ketertinggalan pada injury time babak kedua lewat tembakan jarak dekat Stephan El Shaarawy.

Baca juga: Gol Ke-400 Ibrahimovic Antar AC Milan Kalahkan AS Roma

Menurut Pioli, musim lalu, Rossoneri belum bisa konsisten. Mereka hampir selalu menunggu keajaiban untuk mendapatkan kemenangan.

Namun, kondisi Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan sangat berbeda jauh sekarang. Mereka tampil apik di laga Serie A.

Pioli pun berpendapat, pasukannya sekarang bermain dengan percaya diri dan punya keyakinan untuk menang di setiap laga. Kepercayaan diri itu tetap ada bahkan ketika menghadapi klub-klub besar.

"Itulah langkah maju. Kami menghadapi pertandingan melawan klub terbaik dengan keyakinan kami bisa menang dengan intensitas, konsentrasi, dan kualitas yang kami miliki,” kata Pioli.

Pelatih berusia 56 tahun itu mengatakan kemenangan atas pasukan Jose Mourinho tersebut sangat dibutuhkan untuk menambah kepercayaan diri timnya.

"Kemenangan seperti ini memberi kami keyakinan dan kepercayaan diri lebih besar. Jadi kami harus melanjutkannya. Saya menyukai sikap positif dari skuad ini, baik di dalam dan di luar lapangan," kata Pioli.

Kemenangan itu membuat pasukan Stefano Pioli terus menempel ketat Napoli di puncak klasemen sementara. Kedua tim sama-sama mengoleksi 31 poin dari 11 laga dan hanya berbeda selisih gol saja.

Hasil itu membuat AC Milan menjadi tim keempat dalam sejarah Serie A yang berhasil memenangkan sepuluh dari 11 pertandingan perdananya di liga, menyamai catatan Roma, Juventus, dan Napoli.

Kemenangan Rossoneri ini juga merupakan kekalahan kandang pertama Jose Mourinho dalam kiprahnya di Serie A. Dari 43 laga kandang yang sudah ia lakoni di ajang Serie A, baru kali ini ia gagal meraih poin. 

Catatan Mourinho itu cukup spesial, sebab menjadi yang terbanyak di kompetisi itu sejak musim 1994/1995.

"Pujian untuk Milan. Saya tidak mau mengatakan apa-apa lagi, jika tidak saya akan diusir ke tepi lapangan pekan depan," kata Mourinho.

"Saya berang dengan kurangnya respek terhadap fans Roma. Kami memang tidak bermain baik, tapi kami meninggalkan semuanya di lapangan," lanjutnya.

Sementara itu, gol yang dicetak Ibrahimovic ke gawang AS Roma menandai gol ke-400 yang dicetak pemain asal Swedia itu di liga domestik di sepanjang kariernya. Opta mencatat, sebanyak 150 gol di antaranya dicetak penyerang berusia 40 tahun itu di Serie A.

Ibra sudah bermain di beberapa klub seperti di Swedia (Malmoe), Eredivisie (Ajax), Serie A (Juventus, Inter Milan, dan AC Milan), La Liga (Barcelona), Ligue 1 (PSG), Liga Primer Inggris (Manchester United), dan MLS (LA Galaxy).

"Sekarang dan nanti, aku membuat kejutan! Anda selalu harus mencoba, kegagalan itu bagian dari sukses, jadi Anda teruslah berusaha," kata Ibra. (Footballitalia/DAZN/OL-1)

BERITA TERKAIT