27 October 2021, 10:45 WIB

Tuchel Akui Chelsea Kesulitan Kalahkan Southampton


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

MANAJER Chelsea Thomas Tuchel mengaku kesulitan saat melawan Southampton di babak 16 besar Piala Liga, Rabu (27/10) dini hari WIB. 

The Blues menaklukkan the Saints 4-3 lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 pada waktu normal di Stamford Bridge.

"Kami sudah mengira itu akan sulit. Ini pertandingan sepak bola yang bagus dari kedua tim, pertandingan yang sangat sulit, dan pada akhirnya kami senang memenangkan adu penalti," kata Tuchel.

Baca juga: Chelsea Kalahkan Southampton di Piala Liga Lewat Adu Penalti

Chelsea harus bersusah payah meladeni Southampton. Kai Havertz membuka skor lebih dulu di menit 44. Akan tetapi, Che Adams langsung menyeimbangkan kedudukan ketika babak kedua baru berlangsung dua menit. Pemenang pun harus ditentukan via adu tendangan penalti. 

Empat dari lima algojo Chelsea sukses menjalankan tugasnya, dengan Marcos Alonso, Callum Hudson-Odoi, Ben Chilwell dan Reece James mampu menaklukan Fraser Forster. Sementara Mason Mount gagal mengeksekusi tendangan penaltinya dengan sempurna.

Sementara itu, The Saints hanya berhasil menyarangkan tiga gol lewat Adam Armstrong, Shane Long, dan Oriol Romeu, sedangkan Theo Walcott dan Will Smallbone tidak mampu menjebloskan bola saat berhadapan satu lawan satu dengan Kepa.

Drama adu penalti dimenangkan Chelsea dengan skor 4-3, membuat The Blues melaju ke babak perempat-final Piala Liga.

Tuchel mengakui adanya keterbatasan pemain yang bisa diturunkan akibat cedera. Dia memuji para pemainnya yang bisa berjuang menghadapi lawan sesama kontestan Liga Primer Inggris.

"Kami memiliki beberapa perubahan di menit-menit terakhir. Tiga calon starter cedera dalam latihan kemarin. Itu tidak direncanakan seperti ini, jadi kami tidak memiliki banyak pilihan dari bangku cadangan untuk tidak menggunakan pemain secara berlebihan," kata dia.

Tuchel menjelaskan, tiga pemain yang dipersiapkan menjadi starter tapi urung tampil karena cedera adalah Cesar Azpilicueta, Ruben Loftus-Cheek, dan Andreas Christensen. 

Azpilicueta mengalami cedera bahu dalam sesi latihan. Loftus-Cheek merasa sakit di sendi pinggulnya, sementara Christensen harus menjalani pemulihan setelah operasi gigi.

"Kemenangan ini pantas karena kami berjuang keras untuk mendapat peluang dan itu tidak mudah. Setiap kompetisi adalah kompetisi yang penting. Kami tidak ingin menilai mana yang lebih penting atau yang kurang penting," jelasnya. (Dailymail/OL-1)

BERITA TERKAIT