23 October 2021, 16:55 WIB

Solskjaer Ingin Tiru Kesuksesan Liverpool


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANAJER Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mengatakan timnya berusaha untuk meniru kesuksesan Liverpool selama empat tahun terakhir di Liga Premier. Setan Merah akan menjamu Liverpool di Old Trafford pada Minggu (24/10) malam WIB.

Solskjaer belum pernah mengalahkan Liverpool di Liga Premier sejak menangani MU pada Desember 2018. Satu-satunya kemenangan Solskjaer atas Liverpool terjadi di Piala FA musim lalu di babak 16 besar dengan skor 3-2.

Dari lima pertemuan di Liga Premier, MU yang diasuh Solskjaer haNya seri tiga kali dan menelan dua kekalahan. MU juga hanya mencetak dua gol dan kebobolan tujuh kali.

"Ini akan membutuhkan segalanya untuk mendapatkan hasil melawan salah satu tim terbaik di Eropa dan dunia. Dan Liverpool salah satunya. Mereka salah satu tim yang kami coba kejar karena yang telah mereka lakukan dalam empat tahun terakhir merupakan sesuatu yang kami perjuangkan dan lewati," kata Solskjaer.

Liverpool akan bertandang ke Old Trafford sebagai satu-satunya tim tak terkalahkan di Liga Premier. Mereka meraih lima kali menang dan tiga kali seri dari delapan pertandingan pembukaan mereka.

Liverpool saat ini berada di urutan ke-2 klasemen dengan koleksi 18 poin, hanya berjarak 1 poin dari pemuncak klasemen, Chelsea. MU berada di posisi 6 dengan jarak 4 poin dari Liverpool. "Saat ini mereka sedang dalam performa bagus dengan beberapa keterampilan individu yang hampir tidak bisa Anda lawan, tetapi sebagai tim kami harus kompak dan agresif," jelas Solskjaer.

Ambisi MU untuk memenangi duel juga tidak akan mudah. Pasalnya, mereka sedang dalam tren buruk, hanya mengumpulkan 1 poin dalam 3 pekan terakhir. 

Solskjaer mengaku tak sependapat jika laga kedua tim akan sangat menentukan dalam upaya MU untuk bersaing menjadi yang terbaik di musim ini. Solskjaer menilai klaim tersebut masih terlalu dini karena ini baru awal musim. Kendati demikian, sang manajer memastikan bahwa timnya akan tampil habis-habisan demi mengamankan kemenangan.

"Setiap kali bermain untuk Man United, Anda hanya bermain untuk mengamankan tiga poin. Tertinggal tujuh poin dari mereka akan menjadi jarak yang cukup jauh. Namun jika menang dan hanya berjarak satu angka, itu posisi yang sangat dekat. Tapi ini masih awal musim, jadi setiap pertandingan akan sangat penting," ujar Solskjaer

Manajer Liverpool Juergen Klopp menegaskan ia tak mau meremehkan kualitas yang dimiliki oleh MU. Klopp tak menampik bahwa MU pasti kecewa dengan beberapa hasil yang mereka dapatkan belakangan ini, tetapi sang manajer meyakini Setan Merah masih menjadi tim yang selalu mampu membuat kejutan.

"MU tidak terlalu senang dengan hasil yang mereka dapatkan belakangan ini, tetapi kita semua tahu bahwa mereka juga mampu melakukan hal-hal yang luar biasa. Kita sudah melihatnya. Jadi kami hanya berusaha untuk fokus terutama pada penampilan sendiri," kata Klopp.

Eks pelatih Borussia Dortmund itu melanjutkan lini belakang Liverpool menjadi fokus utama karena MU memiliki kualitas lini serang di atas rata-rata. "Saya mempersiapkan tim untuk pertandingan yang sulit dengan lawan yang sangat bagus. Saya telah mempersiapkan mereka selama tiga hari terakhir melawan MU. Kami sudah cukup lama bersama untuk mengetahui pentingnya permainan ini," jelasnya.

Klopp juga mengomentari dua bintang yang akan bertemu, Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah, di laga nanti. Klopp menilai bahwa tidak ada gunanya membandingkan kedua pemain kelas dunia tersebut. Klopp menjelaskan pemain andalanya itu memiliki keunggulan di kaki kiri dan Ronaldo baik dalam menggunakan kepala dan kaki kanannya untuk mencetak gol.

Baca juga: Jelang El Clasico, Ancelotti Waspadai Kebangkitan Barcelona

"Mengapa kita harus membandingkan pemain kelas dunia? Saya akan mengatakan kaki kiri Mo (Mohamed Salah) lebih baik. Ronaldo mungkin lebih baik di udara dan dengan kaki kanannya," kata Klopp. (BBC/Manchesterevening/OL-14)

BERITA TERKAIT