21 October 2021, 15:38 WIB

Timnas U23 Cari Modal Positif Melawan Nepal


Akmal Fauzi | Sepak Bola

LAGA uji coba melawan Nepal U23 pada Jum'at (22/10) menjadi modal tim nasional U23 jelang kualifikasi Piala Asia U23 Uzbekistan 2023. Skuad Garuda Muda sebelumnya berhasil menang kontra Tajikistan U23, Selasa (19/10) malam WIB 2-1 di laga uji coba pertama. 

Pada pertandingan itu, Timnas U23 tertinggal terlebih dahulu 0-1 dari Tajikistan ketika laga beru berjalan lima menit. Skuad Garuda kemudian bangkit dan mencetak dua gol yang dilesakkan Hanis Saghara Putra (35') dan Bagus Kahfi (64').

Baca juga: Yayuk Basuki Sesali Kinerja Kemenpora dan LADI Terkait Sanksi WADA

Pelatih Timnas U23, Shin Tae-yong belum puas dengan performa Garuda Muda karena dinilai masih ada kekurangan. Juru taktik asal Korea Selatan tersebut akan terus berupaya memebenahi kekuatan timnas U23, termasuk saat melawan Nepal agar bisa lebih baik saat melawan Australia di Kualifikasi Piala Asia.

Shin melihat ada masalah di sektor pertahanan Timnas Indonesia U-23 ketika menghadapai Tajikistan U-23. Oleh karena itu dia akan memperbaiki sektor belakang menjelang melawan Nepal U-23

"Kami akan terus perbaiki kekurangan dari tim ini. Semoga di laga uji coba selanjutnya dapat lebih baik lagi. Puncaknya saat melawan Australia mendapatkan performa terbaik," ujar Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI. 

Penyerang timnas U23 Hanis Saghara Putra mengatakan, kemenangan atas Tajikistan modal bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri.

"Masih banyak yang harus diperbaiki pada saya dan pemain-pemain lainnya. Pelatih Shin Tae-yong juga berpesan agar terus bermain dengan penuh semangat, kerja keras, kurangi kesalahan dan jangan takut membuat kesalahan," ujarnya. 

Laga uji coba itu akan dimanfaatkan Shin untuk memantau sejauh apa perkembangan para pemainnya. Dia berharap pasukannya dapat menyesuaikan baik dari segi non-teknis seperti cuaca dan lapangan hingga persoalan organisasi permainan.

Berlaga di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, kedua tim akan diprediksi akan menampilkan kekuatan terbaik lantaran sama-sama akan melakoni kualifikasi Piala AFC U-23. 

Indonesia hanya tergabung bersama Australia di Grup G Kualifikasi Piala Asia U23 setelah Brunei Darussalam dan Tiongkok mundur dari turnamen.

Skuad Garuda Muda akan melakoni pertandingan dua leg kontra Australia pada 27 dan 30 Oktober untuk memperebutkan tiket putaran final Piala Asia U23. (Mal/PSSI/OL-6)

BERITA TERKAIT