20 October 2021, 19:02 WIB

Kepergian Ronaldo Berkah Bagi Si Nyonya Tua


Widhoroso | Sepak Bola

KEHADIRIAN Cristiano Ronaldo ternyata mendatangkan dampak negatif ke skuat Juventus secara keseluruhan. Kedatangan bintang asal Portugal itu dinilai justru membuat skuat Si Nyonya Tua kehilangan semangat kolektif.

Pemain belakang Juventus, Leonardo Bonucci meyakini kepergian Ronaldo justru menjadi berkah terselubung bagi Juventus. Ia mengatakan bahwa moral tim sekarang bisa kembali meningkat seperti sedia kala sebelum kedatangan Ronaldo.

"Ronaldo membuat pilihan yang kami hormati. Tahun lalu tim bermain untuknya, sekarang tim harus menemukan kembali semangat Juve yang ada sebelum kedatangannya," kata Bonucci kepada Amazon Prime Sport yang dikutip Football Italia.

Bek andalan tim nasional Italia itu juga meminta agar Juventus kembali memiliki grinta atau semangat pantang menyerah seperti yang ditunjukkan di periode pertama dilatih Massimiliano Allegri.

Juventus mendatangkan Ronaldo dari Real Madrid dengan harapan bisa merebut prestasi di kancah Eropa. Namun, selama tiga tahun berseragam Juventus, Ronaldo gagal membawa klub Italia itu meraih gelar di kompetisi Eropa.

Ronaldo meninggalkan Juventus untuk pulang ke Manchester United pada musim panas ini setelah membukukan rekor impresif 101 gol dari 134 penampilan di semua kompetisi bersama Bianconeri. Namun, ia menjalani musim terakhir yang mengecewakan di kancah sepakbola Italia, karena Juve harus finis di urutan keempat klasemen akhir musim dan gagal mempertahankan Scudetto Serie A.

Mantan rekan setimnya di Manchester United, Gary Neville juga turut mengomentari bahasan tentang etos kerja Ronaldo. Ia mengklaim para pemain lain harus rela melakukan pekerjaan ekstra pada saat-saat tertentu.

"Dengannya, datang hal positif yang besar, namun juga tentu ada masalah yang datang. Ronaldo harus ditangani dengan baik, harus saya katakan itu," kata Neville. (Goal/OL-15)

 

BERITA TERKAIT