20 October 2021, 04:32 WIB

Tekuk Besiktas, Sporting Buka Peluang Lolos ke 16 Besar Liga Champions


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

SPORTING CP membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions selepas membekuk Besiktas 4-1 dalam laga lanjutan Grup C di Stadion Vodafone Park, Istanbul, Turki, Selasa (19/10) malam WIB.

Bek tengah Sebastian Coates mencetak dua gol kemenangan Sporting yang disusul Pablo Sarabia dan Paulinho, sementara tuan rumah hanya bisa membalas sekali lewat Cyle Larin.

Sporting naik ke posisi ketiga klasemen dengan raihan tiga poin di bawah Ajax (6) dan Borussia Dortmund (6), yang baru akan berhadapan dalam laga yang lebih larut.

Baca juga: Mahrez Cetak Dua Gol, Manchester City Lumat Brugge

Sementara Besiktas, yang masih nirpoin, kini, tergeletak sebagai juru kunci Grup C.

Sama-sama memasuki pertandingan dengan rekam jejak dua kekalahan beruntun, Sporting mampu membuka keunggulan lebih dulu melalui Coates pada menit ke-15 kendati mereka lebih banyak tertekan oleh Besiktas di awal laga.

Berawal dari sundulan Sarabia, yang bisa dimentahkan kiper Ersin Destanoglu, situasi sepak pojok mampu dimanfaatkan Goncalo Inacio untuk mengirim umpan sundulan yang langsung disambar tandukan Coates untuk menjebol gawang tuan rumah.

Keunggulan itu tidak bertahan lama, sebab, pada menit ke-24, Miralem Pjanic mengirimkan umpan sepak pojok berbahaya yang langsung disambut sundulan tajam Larin demi menaklukkan kiper Antonio Adan.

Namun, tiga menit berselang, Sporting sukses merestorasi keunggulan mereka melalui gol kedua Coates yang prosesnya nyaris sama dengan gol pertama yang dicetaknya. Sepak pojok Sarabia disontek sundulan Paulinho dan Coates tinggal menyambarnya tepat di muka gawang.

Besiktas nyaris kembali membuat kedudukan imbang pada menit ke-40 jika saja tembakan Michy Batshuayi, yang sudah memperdaya Adan, tidak ditolak tiang gawang.

Kesialan tuan rumah berlanjut, sebab tiga menit kemudian, Sporting justru mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Domagoj Vida divonis melakukan pelanggaran handball atas bola sundulan Coates di dalam area terlarang.

Sarabia, yang menjadi algojo, sukses memperlebar keunggulan Sporting setelah pemain pinjaman dari Paris Saint-Germain itu mampu mengecoh Destanoglu yang melompat ke arah berlawanan.

Pada menit kedua injury time babak pertama, Alex Teixeira menjebol gawang Sporting dengan tembakan akrobatik, namun selebrasi para pemain Besiktas harus reda lantaran VAR menganulir gol itu karena offside.

Unggul 3-1 Sporting tampil percaya diri di babak kedua mengandalkan serangan-serangan balik yang nyaris berbuah gol lagi pada menit ke-68 bila saja sontekan Paulinho tidak membentur tiang gawang.

Sebaliknya, dua menit kemudian, Batshuayi membuang sia-sia peluang emas setlah melewati Adan, tetapi penyelesaian akhirnya melenceng dari sasaran pada dua rekannya berada dalam posisi bebas di muka gawang.

Kegagalan itu harus dibayar mahal. Sebab, semenit jelang bubaran waktu normal, Paulinho dengan cermat melakukan satu sentuhan atas bola liar di luar kotak penalti sebelum melepaskan tembakan akurat ke pojok kanan atas gawang demi melengkapi kemenangan Sporting jadi 4-1 atas Besiktas.

Kemenangan itu jelas jadi modal berharga bagi Sporting yang selanjutnya akan berganti menjamu Besiktas di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, 3 November mendatang. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT