19 October 2021, 04:59 WIB

Gol Larut Lacazette Buyarkan Kemenangan Palace Atas Arsenal


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

GOL larut yang dicetak Alexandre Lacazette menyelamatkan Arsenal dari kekalahan saat melawan Crystal Palace dan memaksakan hasil imbang 2-2 dalam laga pekan kedelapan Liga Primer Inggris di Stadion Emirates, London, Selasa (19/10) dini hari WIB.

Gol itu lahir pada menit kelima injury time, memanfaatkan kemelut di depan gawang Palace, yang gagal mengantisipasi situasi sepak pojok Arsenal.

Arsenal, yang sempat memimpin berkat gol cepat Pierre-Emerick Aubameyang, berada di ambang kekalahan akibat gawang mereka dibobol dua gol balasan Palace, yang dicetak Christian Benteke dan Odsonne Edouard.

Baca juga: Vieira Emosional Jelang Laga Versus Arsenal

Hasil tersebut membuat Arsenal duduk di urutan ke-12 klasemen dengan raihan 11 poin, sementara Palace dua strip dan tiga poin di bawah mereka.

The Gunners membuka keunggulan mereka saat pertandingan belum genap berusia delapan menit memanfaatkan situasi sepak pojok yang berujung gol Aubameyang.

Nicolas Pepe berusaha melepaskan tembakan melengkung yang mengarah ke pojok kiri atas gawang Palace dan bisa ditepis kiper Vicente Guaita, tetapi bola muntah jatuh di hadapan Aubameyang, yang menyambarnya demi membawa Arsenal memimpin.

Arsenal seharusnya bisa menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-22, bila saja Emile Smith-Rowe tidak memilih melepaskan tembakan yang bisa dimentahkan Guaita padahal Pepe berdiri dalam posisi bebas tidak terkawal di sisi kiri.

Sebaliknya, Palace, enam menit kemudian, balas mengancam lewat sepakan Benteke yang masih terlalu dekat dengan jangkauan kiper Aaron Ramsdale dan skor 1-0 Arsenal bertahan hingga turun minum kendati mereka lebih banyak ditekan di sisa waktu babak pertama.

Keunggulan Arsenal raib pada menit ke-50, saat Benteke sukses menaklukkan Ramsdale dalam situasi satu lawan satu setelah mengendalikan umpan terobosan dari Jordan Ayew demi mengubah kedudukan jadi 1-1.

Gol itu menumbuhkan kepercayaan diri para pemain Palace, yang nyaris membalikkan keadaan pada menit ke-57, namun tembakan Ayew dari tepian kotak penalti bisa ditepis oleh Ramsdale ke atas mistar gawang.

Sebaliknya, Arsenal balik mengancam lewat aksi umpan sontekan Aubameyang yang nyaris diselesaikan sempurna oleh Lacazette pada menit ke-72, tetapi Guaita sukses menghalau bola ke samping gawang.

Semenit berselang, Palace justru sukses berbalik memimpin ketika serangan balik mereka diakhiri umpan Michael Olise yang disambar tembakan keras Edouard dan bola sempat membentur mistar sebelum melewati garis gawang tuan rumah.

Tiga menit jelang bubaran waktu normal, Arsenal nyaris menyamakan kedudukan lagi, tetapi tembakan keras Kieran Tierney ditolak oleh mistar gawang.

Arsenal tidak patah arang dan dalam injury time memperoleh sepak pojok. Barisan pertahanan Palace gagal mengantisipasi sempurna tembakan Ben White dan bola jatuh di hadapan Lacazette yang tinggal melesakkannya ke dalam gawang demi memaksakan laga berakhir dengan skor imbang 2-2.

Hasil tersebut menjaga tren positif Arsenal, yang kini sudah lima pertandingan tidak mengalami kekalahan.

Di laga selanjutnya, Arsenal akan menjamu Aston Villa, Jumat (22/10), sementara Palace, sehari kemudian, juga main di kandang sendiri saat menghadapi klub kaya baru Newcastle United di Selhurst Park. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT