15 October 2021, 11:15 WIB

Brasil Menang Telak Atas Uruguay


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

BRASIL sukses melibas Uruguay dengan skor 4-1 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan (CONMEBOL) di Arena da Amazonia, Manaus, Jumat (15/10) pagi WIB.

Dua gol tuan rumah dicetak Raphinha, sedangkan dua lainnya diciptakan Neymar dan Gabriel Barbosa.

Uruguay cuma bisa memperkecil ketertinggalan lewat gol Luis Suarez.

Baca juga: Gol Tunggal Martinez Antar Argentina Kalahkan Peru

Brasil bermain menyerang sejak menit pertama dan sukses membuka keunggulan pada menit ke-11.

Fred memberikan umpan lambung melewati pertahanan Uruguay yang diterima Neymar sebelum mengecoh dua pemain dan melepaskan sepakan ke gawang kosong Fernando Muslera. Skor 1-0 untuk tim Selecao.

Delapan menit berselang, Brasil menambah keunggulan lewat gol Raphinha setelah memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Neymar yang diblok kiper lawan. Keunggulan menjadi 2-0.

Rodrigo Bentancur sempat mengancam gawang Brasil. Namun, hingga babak pertama usai, skor 2-0 masih bertahan.

Selepas jeda istirahat, Uruguay sempat mencetak gol melalui Edinson Cavani pada menit ke-56. Namun, gol tersebut tidak dianulir wasit karena sang pemain sudah dalam posisi offside.

Pada menit ke-58, Brasil justru mencetak gol ketiga melalui sepakan Raphinha ke tiang jauh setelah menerima umpan dari Neymar dari situasi serangan balik. Skor menjadi 3-0.

Uruguay akhirnya bisa memperkecil selisih angka pada menit ke-77. Luis Suarez berhasil menjebol gawang Brasil kawalan Ederson lewat tendangan bebas hingga membuat skor menjadi 3-1.

Delapan menit kemudian, Brasil membalas melalui gol keempat mereka lewat sundulan Gabriel Barbosa setelah menerima umpan Neymar. Keunggulan tuan rumah menjadi 4-1.

Tidak ada gol tambahan bagi kedua tim dan laga berakhir dengan kemenangan Brasil 4-1.

Hasil ini semakin mengokohkan Brasil di puncak klasemen dengan koleksi 31 poin dari 11 pertandingan. Sementara itu, Uruguay menempati peringkat lima dengan poin 16 dari 12 laga. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT