15 October 2021, 00:01 WIB

Banyak Klub Liga 1 Bidik Pemain Tim PON Papua


Akmal Fauzi | Sepak Bola

SEJUMLAH klub Liga 1 sudah mulai membangun komunikasi dengan tim sepak bola putra Papua yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Masa depan pemain-pemain peraih medali emas PON XX itu pun dinilai sudah siap berlaga di klub-klub kasta tertinggi di Indonesia. 

"Dari awal di PON saya tidak ada keraguan dari awal terhadap mereka. Saya tahu mereka akan melakukan yang terbaik untuk tanah mereka. Ini kenyataannya talenta Papua yang baru muncul," kata Pelatih tim Papua Eduard Ivakdalam, Kamis (14/10). 

Edu sapaan karib Eduard mengatakan, para pemain sudah siap untuk bermain di klub profesional. Ia mengaku banyak tawaran yang datang saat proses persiapan tim yang sudah dibangun selama 2 tahun empat bulan itu. 

"Dari awal kami seleksi mereka tidak pernah pergi meninggalkan kami. Banyak klub-klub liga yang memberikan tawaran tapi mereka tidak pernah pergi. 

Seperti Ricky (Ricardo Cawor) dapat tawaran masuk tim senior Persipura dia tetap mau melakukan sesuatu, untuk tim PON," jelasnya. 

Hal itu lah yang membuat tim PON putra Papua merebut medali emas usai mengalahkan Aceh dengan skor 2-0 di Stadion Mandala Jayapura. 

Baca juga : Tim Sepak Bola Papua Cetak Sejarah di PON XX, PT Freeport Guyur Bonus Rp1 Miliar

Keberhasilan itu juga membuat Papua sukses mengawinkan medali emas cabor sepak bola PON XX. Sebelumnya, pada sepak bola putri, Papua pun meraih medali emas setelah mengalahkan Jawa Barat dengan skor 1-0. 

Kapten tim sepak putra Papua, Ricky Ricardo Cawor tampil impresif pada laga final melawan Aceh. Ricky mencetak dua gol yang membawa Papua unggul pada babak pertama. 

Dua gol itu membuat Ricky mengoleksi 11 gol di PON XX. Raihan itu membuatnya melampui rekor seniornya Boaz Solosa yang mencetak 10 gol di PON XVI 2004 Palembang. 

Sementara itu, Ricky Cawor mengaku sejumlah klub Liga 1 telah menjalin komunikasi menawarkan untuk bermain. Namun mantan pemain Persemi Mimika itu belum bisa memutuskan akan berlabuh ke klub mana. 

"Banyak tawaran beberapa klub. Saya ingin di luar Papua untuk medapat pengalaman lain," ujarnya. 

Walikota Jayapura sekaligus Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano menyebut ada 3 pemain yang sudah diincar untuk masuk tim Persipura. "Ada tiga. Kami butuh untuk pemain belakang dan depan," ujarnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT