14 October 2021, 20:08 WIB

Erik ten Hag Bakal Gantikan Koeman Tangani Barcelona Musim Depan


Widhoroso | Sepak Bola

POSISI Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona, diyakini akan aman hingga akhir musim ini. Namun, kontrak mantan pelatih timnas Belanda itu tidak akan lagi diperpanjang Barcelona.

Musim depan, Koeman dipastikan akan didepak. Hasil kurang memuaskan Barcelona di awal musim ini menjadi penyebab.
 
Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, dilaporkan jadi kandidat serius pengganti Koeman di Barcelona. Bahkan Ten Hag dilaporkan telah menyetujui kesepakatan lisan dengan Barcelona. Kontrak Ten Hag di Ajax berakhir akan pada Juni 2023.

Ten Hag, yang melatih Ajax sejak Januari 2018, telah menikmati periode yang penuh kesuksesan bersama klub asal Amsterdam itu yang dibawanya menembus semi-final Liga Champions 2019 dan hampir ke final sebelum kalah dramatis dari Tottenham Hotspur.

Selama menukangi Ajax, pelatih berusia 51 tahun itu total mempersembahkan masing-masing dua gelar Eredivisie dan Piala Belanda, serta satu Johan Cruyff Shield.

Ten Hag digadang akan membawa gerbong nama ke Camp Nou musim depan, di antaranya: Matthijs De Ligt (Juventus), Ryan Gravenberch (Ajax), Dani Olmo (RB Leipzig), dan Donny van de Beek (Manchester United).

Presiden Barcelona Joan Laporta memang telah memberi tahu Koeman bahwa pihak klub ingin menggantinya. Tapi, pihak klub akan tetap menggunakan jasanya hingga kontrak pelatih asal Belanda itu berakhir pada Juni 2022 alias akhir musim ini.

Bersama Koeman, Barcelona gagal total di Liga Champions. Musim lalu, Blaugrana disingkirkan Paris Saint-Germain sejak babak 16 besar. Musim ini, raksasa Catalunya tersebut malah berpotensi gagal lolos dari fase grup pascadua kekalahan beruntun.

Satu-satunya gelar yang didapat Koeman sejauh ini adalah Copa del Rey musim 2020/21. Di LaLiga musim ini, Barca tercecer sementara di urutan kesembilan dengan koleksi 12 poin. (Goal/Ol-15)

 

BERITA TERKAIT