14 October 2021, 15:51 WIB

Timnas AS Berpeluang Lolos ke Piala Dunia Qatar


 Ilham Ananditya | Sepak Bola

PENYERANG Timothy Weah menjadi penentu kemenangan Amerika (AS) Serikat saat menjamu Kosta Rika dalam laga Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Utara dan Tengah, Kamis (14/10).

Tim nasional AS dapat menyamakan kedudukan dari Kosta Rika yang telah lebih dulu membuat keunggulan di menit pertama oleh Keysher Fuller, tendangan bek sayap Barcelona Sergino Dest ke arah dekat tiang kiper Kosta Rika Keylor Navas tak mampu dibendung.

Hingga pada akhirnya, Timothy Weah berperan penting dalam kemenangan gol AS. Sepakannya yang membentur mistar gawang dan memantul ke badan kiper pengganti Navas, Leonel Moreira masuk ke gawangnya sendiri pada menit ke-66.

"Di awal kita bermain kurang tajam. Tapi setelah beberapa menit kemudian, kita dalam melebur dan fokus pada pertandingan hingga menciptakan peluang. Mentalitas tim sangat baik, kita bekerja sama dan melakukannya bersama-sama," ucap Dest.

Keunggulan timnas AS 2-1 atas Kosta Rika di Lower.com Field, Ohio, AS, menempatkan anak asuhan Gregg berada di peringkat kedua dengan 11 poin dari enam pertandingan yang telah dijalani. Sementara Meksiko masih menjadi pemuncak teratas klasemen dengan 14 poin berkat kemenangan 2-0 atas El Savador.

"Tim berusaha dengan keras dan saya sangat senang dengan penampilan mereka, setelah dorongan motivasi kebobolan pada menit pertama," kata kapten AS Tyler Adams.

AS menderita kekalahan tandang 1-0 dari Panama pada hari Minggu (10/10), ketika Berhalter dikritik karena membuat tujuh perubahan dari tim yang mengalahkan Jamaika pekan lalu.

Selepas kekalahan 1-0 dari Panama pada pertandingan sebelumnya, Berhalter mencoba membuat perubahan tim agar dapat lebih tampil agresif dan dinamis.

Dengan susunan pemain dengan usia rata-rata 22 tahun, timnya mampu menggebrak Kosta Rika dan melancarkan serangan balik cepat. Hal itu juga membuat timnas AS mendominasi dalam penguasaan bola.

Pada akhirnya AS semakin berpeluang lolos menuju Piala Dunia Qatar 2022.

Sementara kesempatan Kosta Rika untuk tampil di Piala Dunia ketiganya berturut-turut harus terancam di bawah Panama di posisi kelima dengan enam poin.

Di pertandingan lain, Kanada juga raih poin penuh dengan kemenangan 4-1 atas Panama. Bermula dari gol bunuh diri bek sayap Panama, Michael Murillo.

Timnas 'Les Rouges' menambah pundi-pundi gol mereka di babak kedua lewat peran Alphonso Davies (di menit ke-66), Tajon Buchanan (di menit ke-71), dan Jonathan David (di menit ke-78).

"Performa itu yang saya inginkan dari dirinya (Davies). Mereka (David dan Davies) memiliki insting dan ikatan yang bagus dan berefek ke permainan," kata pelatih Kanada, John Herdman usai Davies mencetak gol.

Sementara Panama hanya mampu membuat gol hiburan lewat kaki Rolando Blackburn saat lima menit awal pertandingan.

Kanada kini berada di bawah AS untuk klasemen sementara dengan 10 poin, sementara Panama menempel di belakangnya dengan delapan poin dari enam pertandingan. (And/AFP/Sportsnet/OL-09)

BERITA TERKAIT