13 October 2021, 06:15 WIB

Pelatih Minta Jepang Manfaatkan Kemenangan Atas Australia


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PELATIH timnas Jepang Hajime Moriyasu meminta timnya memanfaatkan kemenangan 2-1 atas Australia di laga kualifikasi Piala Dunia, Selasa (12/10), untuk bangkit dan mengamankan tiket ke Qatar.

Jepang berhadapan dengan Australia setelah kalah di dua laga pertama mereka di Grup B. Tim Samurai Biru sukses mengamankan tiga poin penting berkat gol bunuh diri Aziz Behich pada menit 85.

Saat ini, Jepang masih tertinggal dari Australia dan Arab Saudi untuk memperoleh dua tiket otomatis ke Piala Dunia 2022. Namun, kemenangan Jepang atas Australia itu meramaikan persaingan di Grup B dan mengakhiri rangkaian 11 kemenangan beruntun Australia di laga kualifikasi Piala Dunia.

Baca juga: Inggris Ditahan Imbang Hongaria di Wembley

"Kami terus berjuang hingga akhir dan tidak pernah menyerah. kami bertekad lolos ke Piala Dunia dan menunjukkan hal itu pada malam ini," ujar Moriyasu.

"Ini adalah kemenangan penting namun kami masih akan menghadapi banyak pertandingan berat di masa depan. Kami harus memanfaatkan kemenangan ini untuk meraih kemenangan berikutnya di masa depan," lanjutnya.

Moriyasu, yang diramalkan akan dipecat seandainya Jepang gagal menang atas Australia, berterima kasih kepada para pendukung tim Samurai Biru di laga yang digelar di Saitama itu.

"Saya ingin berterima kasih kepada para pendukung. Mereka memberikan para pemain keberanian dan semangat," kata Moriyasu.

"Ini adalah laga yang sulit. Para pemain bisa bekerja keras hingga akhir berkat dukungan yang diberikan para penonton," imbuhnya.

Jepang menyadari hasil selain kemenangan akan membuat mereka semakin terancam tidak lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1994.

Ao Tanaka membawa Jepang unggul saat laga baru berlangsung delapan menit. Namun, Australia menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas Ajdin Hrustic pada menit 69.

Namun, Behic melakukan gol bunuh diri, lima menit sebelum laga usai, setelah bola tendangan Takuma Asano membentur tiang gawang dan mengenai dirinya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT